REKAYASA PENGETAHUAN PAKAR BERBASIS ATURAN UNTUK IDENTIFIKASI KERUSAKAN HARDWARE

Yuhendra Yuhendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan  pengalihan keahlian dari seorang pakar ke komputer dan kemudian dipindahkan lagi ke orang lain (non expert). Teknologi yang mampu mengadopsi proses dan cara pikir manusia yaitu teknologi kecerdasan buatan, salah satunya adalah Sistem Pakar atau Expert System. Dalam melakukan proses rekayasa pengetahuan, pakar dibantu oleh perekayasa sistem (knowledge engineer). Proses rekayasa pengetahuan pakar berbasis aturan untuk identifikasi kerusakan hardware PC  terdiri dari merancang, membangun, pengkodean dan pengujian sistem. Sistem ini dibuat dengan menggunakan pemograman Visual Basic 6.0. Basis pengetahuan dan aturan  dimasukkan dan disimpan dalam  suatu database. Untuk mengontrol mesin inferensi (inference engine) digunakan  metode  forward chaining dengan teknik breadth first search. Metode ini adalah pendekatan yang dimotori oleh data (data driven).Proses pengujian dilakukan dengan sistem mengajukan beberapa pertanyaan kepada Pemakai atau User. Setiap aturan dan kerusakan akan diuji pada masing-masing simpul dan  level, kemudian sistem akan mencari kesimpulan pada knowledge base jenis-jenis kerusakan yang telah dijawab. Dari  hasil pengujian ini menunjukkkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan pemecahan permasalahan atas macam, jenis ciri-ciri dan saran layaknya seorang pakar (expert) dibidangnya dalam memberikan nasehat seputar permasalahan hardware PC.


References


Arhami, M., 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Adedeji, B.B.,1992, Expert system Application in Engineering and Manufacturing, Prentice-Hall, New York.

Dokas, I.M., 2005, Developing Web Sites For Web Based Expert System : A Web Engineering Approach, Proceedings of Information Technologies, Otto-von-Guericke, Universitat Magdeburg, Germany, pp. 202-217.

Durkin, J., 1994, Expert System Design And Development, Prentice Hall International Editions

Firebaugh M. W., 1989, Artificial Intelligent. A Knowledge-Based Approach, PWS-Kent Publishing Company, Boston.

Hany, I ., Doulgeris, C., 1999, Applications of Hybrid Fuzzy Expert Systems in Computer Networks Design, IEEE Journal of Selected Areas in Communications.

Giarratano J., G. Riley., 1994, Expert System Principles and Programming, Carlson, Second edition, PWS-Kent Publishing Company, Boston.

Kusumadewi, S., 2002, Artifical Inteligent (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kaswdjanti, W., 2004, Sistem Pakar Menggunakan Inferensi Fuzzy Untuk

Menentukan Penyakit Pada Tanaman Sayuran, Tesis Ilmu Komputer UGM, Yogyakarta.

Leong, M., 2003, Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Majalah Komputer Aktif, 2003, No.45, Hal.7 – 17.

Merry, 2002, Sistem Pakar: Pemecahan Permasalahan Persoalan Pengganti Manusia, Vol.3., No.2., pp.8-15, Media Teknika, Yogyakarta.

Medsker, L., Lieboewits, Jay., 1994, Design and Development of Expert System and Neural Network, Macmilan College Publishing Company, New York.

Ramdani, Nazarudin., 2005, Komputer dan Troubleshootig, Penerbit Informatika, Bandung.

Scmuler, S., Expert System : A Quick Tutorial, http : //gise.org/JISE/Vol 1-5/Expertsy.html.

Suryadi, K., 1998, International Journal of Information Sciences for Decision Making, No.2, April, Bandung Institute of Technology.

Sukandar, 2002, Sistem Pakar Berbasis Web: Studi Kasus Diagnosa dan Reparasi Telepon Selular, Tesis Teknik Elektro UGM, Yogyakarta.

Susilo, Dahlan., 2002, Sistem Pakar Untuk Menentukan Spesifikasi Komputer Sebaga Alat Bantu Pengambilan Keputusan Dalam Pembelian Komputer, Tesis Ilmu Komputer UGM, Yogyakarta.

Stuart J., R., Norvig., P., Artificial Intelligence:A Modern Approach, Second Edition, Pearsoneducational International.

Turban, E., Jay E.A., 2005, Decision Support System and Expert System, Edisi 7 Indonesia, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Tim Penerbit Andi, 2004, Pemograman Visual Basic 6.0 Tingkat Lanjut, Andi Offset, Yogyakarta.

Wahyono, T., 2004, PC Troubleshooting, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Yuwono, B., 2004, Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ayam, Tesis Teknik Elektro UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.