KEAMANAN TRANSAKSI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN SMS

Hidayatulah Himawan

Abstract


Pengguna transaksi online atau e-commerce semakin meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu bentuk perlindungan pada transaksi e-commerce pada saat ini dapat dilakukan dengan melakukan konfirmasi transaksi melalui sms. Namun ada beberapa resiko atau kerugian jika kita menggunakan sms untuk konfirmasi transaksi pada e-commerce. Termasuk didalamnya pemberian informasi dan data pengguna yang akan di konfirmasi kebenaran datanya pada bagian akhir transaksi melalui authentifikasi pengguna. Meskipun teknologi enkripsi menawarkan hal tersebut, namun pemberian keamanan transaksi pada e-commerce adalah suatu pilihan untuk digunakan, atau bahkan sama sekali tidak digunakan. Hal ini disebabkan banyaknya merchants atau toko yang merasa tidak memerlukan suatu system keamanan yang baik. Sejak sistem keamanan  melindungi data dan informasi yang akan dikirimkan pada transaksi, banyak toko atau merchants yang mengakses data-data penting seperti informasi pada kartu kredit atau kartu debit. Penyimpanan data kartu kredit atau debit yang tidak terenkripsi dengan baik, akan memberikan resiko yang tinggi terhadap pencurian atau bahkan penggunaan data-data yang tidak pada tempatnya.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budi Raharjo, 2000, Keamanan dalam Electronic Commerce, Jakarta

Deris Setiawan, 2002, E-Commerce, Jakarta.

Efraim Turban, Ephrain Mclean, James Watherbe, 2001, Information Technology For Management, John Wiley & Sons Inc.

Ekawati Prihatini, 2006, Aspek Keamanan pada Jalur Komunikasi Short Message Servive, Bandung.

ETSI, 2001, Digital Cellular Telecomunications System, (Phase 2+); Security Aspects (GSM 02.09 version 8.0.1), European Telecomunications Standards Institution.

Indira Fajar Putri dkk, Aplikasi eSMSis Sebagai IT dalam Sistem Informasi Bisnis, Malang .

Safri Lubis, 2008, Mengenal Lebih Dekat Mobile Commerce, Jakarta.

Uke Kurniawan Usman, 2000, 3G Network, Jakarta

V. Hassler , 2001, Security Fundamentals for e-Commerce, Artech House.

Vorapranee Khu-Smith, Chris j Mitchell, 2002, Using GSM to Enhance E-Commerce Security, Information Security Group, United Kingdom.

http://www.linuxindo.com

http://www.asp.co.id

http://www.goechi.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.