EDITOR JARINGAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BELAJAR ”PENCARIAN ALIRAN MAKSIMUM” SECARA MANDIRI

Susana Limanto

Abstract


”Pencarian Aliran Maksimum Sebuah Jaringan” merupakan salah satu materi di bidang eksakta yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian besar masyarakat.  Untuk memahami materi seperti ini dibutuhkan banyak latihan yang tidak mungkin dilakukan pada waktu proses belajar mengajar di kelas.  Sebagai mahasiswa yang dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar, seringkali membutuhkan penjelasan secara visual langkah demi langkah sehingga mempercepat pemahaman mereka akan materi yang sedang dipelajarinya. Selain itu mereka juga membutuhkan suatu sarana yang dapat memberikan penyelesaian langkah demi langkah atas soal-soal ”Pencarian Aliran Maksimum Sebuah Jaringan” yang diinputkan sehingga mahasiswa dapat mengevaluasi hasil pekerjaan mereka dan mengetahui letak kesalahan mereka.  Dengan demikian akan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipelajari.  Kebutuhan ini dapat dipenuhi melalui perangkat ajar CAL yang dilengkapi dengan editor jaringan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ambler, S.W., 1998, User Interface Design : Tips and Techniques, Ambysoft Inc.

Bhattacharya, G.K., Johnson, R.A., 1977, Statistical Concept and Methods, Canada, John Wiley & Sons Inc.

Chinneck, J.W., 2000, Gentle Introduction, http://www.sce.carleton.ca/faculty/chinneck/po/chapter9.pdf., INTERNET, 15 Oktober 2002.

Dix, A., 1993, Human Computer Interaction, Prentice Hall.

Hillier, F.S., Lieberman, G.J., 2001, Introduction to Operations Research, Singapore, McGraw-Hill Inc.

Rooijakkers, A., 1991, Mengajar Dengan Sukses, Jakarta , PT Grasindo.

Sugiarto, E., 2003, CAI Maksimum Aliran Sebuah Jaringan, Surabaya, Universitas Surabaya.Utomo, T., Ruijter K., 1991, Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan, Jakarta, PT Gramedia Putaka Utama.

Winston, W.L., 2004, Operations Research : Applications and Algorithms, 4th edition, Canada, Brooks/Cole-Thomson Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.