PENGAMANAN PESAN DALAM EDITOR TEKS MENGGUNAKAN HYBRIDCRYPTOSYSTEM

Yuli Fauziah

Abstract


Editor teks merupakan tempat asal dari suatu pesan dibuat. Fasilitas keamanan data khususnya data tak terkoding (plaintext) menjadi suatu kebutuhan. Plaintext akan dikirimkan dalam bentuk ciphertext, sehingga diharapkan pemakai yang tidak berhak untuk membaca pesan yang terkirim tidak dapat dibaca oleh sembarang orang. Salah satu cara untuk mengamankan pesan tadi adalah dengan menggunakan teknik kriptografi, yang mana teknik ini ttelah mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dimylai dari sisi algoritmanya sampai dengan ukuran kunci yang digunakannya. Algoritma kriptografi yang telah ada kiranya dimungkinkan untuk digabungkan yang dimungkinkan akan menjadi suatu pengamanan berlapis. Hipotesis yang diajukan adalah penerapan proses tambahan pada editor teks ini tidak akan mengganggu kinerja user.

Penggunaan hybrid cryptosystem dalam penelitian ini merupakan gabungan kriptosistem RC4, RSA dan fungsi SHA-1 yang digunakan dalam tiga tahapan pengamanan data pada editor teks. Adapun tahapan pengamanan data meliputi : proses setup key, proses enkripsi data, dan proses dekripsi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian secure editor teks ini dapat mengamankan data. Pada penerapannya walaupun menambah sedikit waktu yang beragam dalam setiap proses, namun kunci yang dipakai tidak akan sama untuk setiap proses karena dilakukan secara acak.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahyar, S., 2001, Sistem Keamanan File Dan Folder Data Menggunakan Algoritma Blowfish Dengan Kunci Simetrik, Paper Mata Kuliah Keamanan Sistem Informasi, Bandung : TE – ITB.

Bridgeca., 1999, Cryptography and Public Key Infrastruktur, http://www.secude.com/bridgeca/crypt_and_ pki_ guide_e.pdf

Dian E., 2001, Mekanisme Discretionary Access Control untuk Database Security, PAPER Keamanan Sistem Lanjut, Bandung, TE - ITB

Saskia Groenewegen and Andreas Buchner, 1999, The Basics of Cryptography, http://www.crypto-nuitari-de.htm

Avon B., 2004, Enkripsi Data Kunci Simetris Dengan Algoritma Kriptografi Loki97 , Paper Keamanan Sistem Lanjut, Bandung, TE - ITB

Eastlake, D., September 2001, US Secure Hash Algorithm 1 (SHA1), RFC 3174

Schneier, Bruce., 1996, Applied Cryptography : Protocols, Algorithms, and Source Code in C, 2nd Edition John Wiley & Sons Inc.

Slamet., 2003, Keamanan Jaringan Komputer, Paper Keamanan Sistem Informasi, Bandung, TE - ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.