APLIKASI PENGECEKAN PASSING GRADE BERBASIS SMS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS MERUPAKAN ALTERNATIF YANG SEDERHANA DAN MENARIK DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN ALOKASI DANA YANG RENDAH

Ema Utami, Cecep Yedi Permana

Abstract


Passing grade adalah nilai terendah dari calon siswa yang mendaftar pada setiap SMA Hal ini diperoleh dengan cara mengurutkan peringkat nilai NEM para calon siswa yang daftar mulai dari yang tertinggi sampai terendah sesuai dengan daya tampung sekolah yang  bersangkutan.Nilai dari para calon siswa  yang diterima (lolos) pada urutan terakhir, itulah nilai minimum untuk SMA yang dimaksud. Dengan demikian, nilai minimum tersebut akan berubah setiap tahunnya.

Kenapa memilih media SMS, karena SMS merupakan sebuah layanan yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam penyampaian informasi berupa teks, disamping itu biaya yang dikeluarkan relatif murah dan proses penyampaian informasinya cepat.

Layanan SMS merupakan sebuah layanan yang bersifat nonreal time dimana sebuah short Message dapat di submit ke suatu tujuan, tidak peduli apakah tujuan tersebut aktif atau tidak. Bila dideteksi bahwa tujuan tidak aktif, maka sistem akan menunda pengiriman ke tujuan hingga tujuan aktif kembali. Pada dasarnya sistem SMS akan menjamin pengiriman short message ke tujuan. Kegagalan pengiriman akan bersifat sementara seperti tujuan tidak aktif akan selalu teridentifikasi sehingga pengiriman ulang short message yang telah melampaui batas waktu tertentu akan  dihapus dan dinyatakan gagal terkirim.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bustam, Khang. Trik Pemrograman Aplikasi Berbasis SMS. Gramedia. Jakarta

Handoko. 2003. Teleakses Database Pendidikan Berbasis Handphone. Penerbit Andi. Yogyakarta

Rosidi, Romzi Imron. 2004. Membuat Sendiri SMS Gateway Berbasis Protokol SMPP. Penerbit Andi. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.