EVALUASI SISTEM INFORMASI TABUNGAN BANK UMUM

Noerlina N.S

Abstract


Perkembangan perekonomian perlu didukung oleh lembaga keuangan yang kokoh untuk menunjang kelancaran perekonomian. Bank sebagai salah satu lembaga keuangan adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatan taraf hidup masyarakat banyak. Dalam menghadapi perkembangan perekonomian, kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi, serta tuntutan masyarakat akan layanan yang cepat dan aman, bank memerlukan pengelolaan yang baik, efektif dan efisien. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah sistem informasi yang andal yang dapat membantu pengelolaan aktivitas perbankan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas dan efisiensi sistem informasi tabungan yang berjalan dan memberikan rekomendasi yang dapat mengatasi kelemahan-kelemahan yang teridentifikasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, check list, dan studi dokumentasi.  Lingkup evaluasi yang dilakukan atas sistem informasi tabungan dari aspek pengendalian manajemen dan pengendalian aplikasi yang meliputi boundary, input, dan output. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, dapat ditarik simpulan bahwa pengendalian manajemen keamanan dan pengendalian input belum cukup baik karena ditemukan cukup banyak kelemahan, sedangkan pengendalian manajemen operasional, pengendalian batasan, dan pengendalian output sudah baik.

References


Arens, A.A dan Loebbecke, J.K. 2003. Auditing Pendekatan Terpadu. Edisi Indonesia. Terjemahan Amir Abadi Jusuf. Salemba Empat, Jakarta.

Bodnar, G.H dan Hopwood, W.S. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Buku Satu. Terjemahan Jusuf, A.A, dan Tambunan, R.M. Salemba Empat, Jakarta.

Gondodiyoto, Sanyoto. 2006. Audit Sistem Informasi + Pendekatan CobIT. Edisi Revisi. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Indriantoro, N dan Supomo, B. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi ke-1. BPFE, Yogyakarta.

Jones, F.L dan Rama, D.V. 2006. Accounting Information System : A Business Process Approach. Thomson South-Western, Kanada.

Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

O’Brien, J.A. 2005. Introduction to Information System Essentials for the e-Business Enterprise. Edisi 12. McGraw Hill Companies, Inc, United State.

Undang-undang nomor 10 tahun 1998.

Weber, Ron. 1999. Information Systems Control and Audit. Prentice-Hall, Inc, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.