APLIKASI PENGISIAN PULSA ELEKTRONIK SATU KARTU MULTI OPERATOR

Nur Heri Cahyana

Abstract


Penjualan pulsa secara elektonik saat ini menunjukkan kenaikan yang luar biasa, dikarenakan adanya kebutuhan pemakaian pulsa setiap hari oleh masyarakat yang sekarang telah menjadi kebutuhan. Sistem penjulan pulsa model elektronik memudahkan pemakai untuk memperoleh pulsa dengan cepat.

Aplikasi pengisian pulsa elektronik merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan fasilitas layanan sms. Layanan sms dimanfaatkan sebagai sarana bertransaksi dari reseller ke agen penjual pulsa. Pada agen penjual pulsa terdapat sebuah sms server yang digunakan untuk mengolah isi pesan singkat (SMS) dari reseller yang sudah terdaftar. SMS yang telah diolah akan dikirimkan ke operator seluler untuk selanjutnya operator seluler akan mengisiskan pulsa ke nomor tujuan yang dimaksud. SMS server ini terhubung ke masing-masing operator seluler yang ada, sehingga reseller hanya membutuhkan satu kartu untuk melakukan transaksi. Metodologi yang dilakukan dalam pengembangan sistem atau pembangunan perangkat lunak yaitu metodologi pengembangan sistem RAD (Rapid Application Development) dengan kerangka pengembangan GRAPPLE (Guidelines for Rapid Application Engineering) yang merupakan aksi-aksiĀ  yang dilakukan dalam tiap segmen.

Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi / program komputer yang dapat membantu, mempermudah dan memperlancar agen penjual pulsa dalam melakukan transaksi pengisian pulsa model elektronik hanya dengan satu kartu.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Gunawan, Ferry, 2003, Membuat Aplikasi SMS Gateway Server dan Client dengan Java dan PHP, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Komputer, Wahana, 2006, Panduan Lengkap Menguasai Pemrograman Web dengan PHP 5, Andi Offset, Yogyakarta

Mehrota, Asha, 1997, GSM System Engineering, Artech House .Inc, Boston London.

Mulyanta, Edi. S, 2003, Kupas Tuntas Telepon Seluler, Andi Offset, Yogyakarta.

Schmuller, Joseph, 1999, Teach Yourself UML in 24 Hours, Sams Publishing, Indianapolis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.