SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN BIAYA PEMBANGUNAN RUMAH

Nur Heri Cahyana, Toni Dwi Susanto, I Gusti Ngurah ACP

Abstract


Pengambilan keputusan pembangunan rumah adalah masalah yang komplek bukan masalah yang ringan, banyak orang yang merasa kesulitan dalam tahap perencanaan pembangunan rumah, baik itu dari segi pemilihan model, pemilihan bahan bangunan yang digunakan, dan penentuan anggaran atau biaya yang dibutuhkan. Sering kali terjadi biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan anggaran pada rencana awal.

Aplikasi Penentuan Biaya Pembangunan Rumah merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dikembangkan dengan tahapan PADI, implementasi dengan bahasa pemrograman Delphi 7.

Fasilitas yang diberikan dalam aplikasi Penentuan Biaya Pembangunan Rumah ini antara lain membantu para pengambil keputusan untuk mendapatkan informasi harga bahan bangunan, mendapatkan informasi volume pekerjaan, serta dapat mengambil keputusan yang tepat dalam pengeluaran biaya pembangunan rumah berdasarkan kriteria kelas bahan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Pressman Roger S, Ph.D., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Andi, Yogyakarta.

Renggo, 2006, Menghitung Biaya Membuat Rumah, Swadaya, Jakarta.

Turban Efraim., 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Edisi 7, Andi, Yogyakarta.

Wahana Komputer, 2003, Pengembangan Aplikasi Client/Server dengan Borland Delphi, Elex Media Komputindo, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.