PERANAN E-GOVERNMENT DALAM RANGKA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE BAGI MASYARAKAT

Nurcahyani Dewi Retnowati, Daru Retnowati

Abstract


Era globalisasi sekarang ini sangat diperlukan adanya teknologi informasi untuk mengimbangi adanya perkembangan informasi. Salah satunya dengan membuat e-government yang dapat dijadikan tempat berkomunikasi antara pemerintah dengan masyarakat maupun dengan pihak-pihak lain, misalnya dengan investor.

Dalam implementasinya, sebuah web korporat akan mengalami kendala-kendala antara lain kultur berbagi belum ada, kultur mendokumentasi belum lazim, masih kurangnya SDM yang ahli, infrastruktur yang belum memadai, dan tempat akses yang terbatas. Kendala-kendala tersebut bisa menimbulkan kegagalan implementasi e-government sehingga web korporat yang telah di upload ke internet bisa jadi tidak di update lagi. Padahal informasi yang ada semakin hari akan semakin bertambah dan hubungan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak-pihak lain bisa terganggu sehingga tidak akan tercipta good governance.

Oleh karena itu dibutuhkan pula suatu manajerial e-government, pelatihan SDM dan dukungan infrastruktur yang baik serta strategi pemasaran. Strategi pemasaran e-government tidak hanya melalui tampilan web yang menarik tapi dibutuhkan juga suatu forum diskusi online, penyuluhan dan pelatihan ke masyarakat perdesaan yang notabene belum mengetahui adanya internet dan belum mengenal e-government. Dengan demikian masyarakat akan terbiasa menggunakan teknologi infomasi yang bisa jadi mendatangkan keuntungan.

References


Arief, M ; Samaraji, M. Layooari. 2005. Analisa Hasil Survey Kondisi Teknologi Informasi Kabupaten Dompu Dalam Rangka Pengembangan Rencana Strategi E-Government. Disampaikan Dalam Konferensi Nasional Sistem Informasi 2005 di ITB Bandung.

Harimurti, M. Agung. Kajian eGovernment Kabupaten Sragen. http://209.85.175.104/search?q=cache:xuEfJ9EE-FEJ:bppi yogyakarta.depkominfo.go.id/templates/templates_module/jurnal%2520semi%2520populer/Penelitian%2520Mandiri%25202007%2520(eGov%2520Sragen).doc+manfaat+e-government+bagi+masyarakat+desa&hl=id&ct=clnk&cd=1&gl=id&client=firefox-a. Dikunjungi tanggal 3 Mei 2008.

Indrajit, Richardus Eko; Rudianto, Dudy; Zainuddin, Akbar. 2005. e-Governmet In Action. Andi Offset. Yogyakarta.

Leibo, Jefta. 1995. Sosiologi Pedesaan. Andi Offset. Yogyakarta.

Onggo, Bob Julius. 2007. Strategi Pemasaran Web Pemerintah : Cantik Namun Bisu. http://wartaegov.com/content/strategi-pemasaran-situs-web-pemerintah%3A-cantik-namun-bisu. Dikunjungi tanggal 3 Mei 2008

Rahardjo, Budi. 2001. Membangun E-Government. dipresentasikan pada Seminar Nasional Jaringan Komputer II, yang diselenggarakan oleh Technic Study Club, STMIK Dipanegara Makassar, 19 Mei 2001. http://www.geocities.com/seminartsc.

Retnowati, Daru; Kismantoroadji, Teguh; Murdiyanto, Eko. 2006. Dasar-Dasar Komunikasi Dan Informasi Pertanian. UPN ”Veteran” Yogyakarta Press. Yogyakarta.

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Indrajit, Richardus Eko; Rudianto, Dudy; Zainuddin, Akbar. 2005. e-Governmet In Action. Andi Offset. Yogyakarta.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2003. Jargon E-Business. Plus 27 Artikel Populer Dan 13 Daftar Situs. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Depdagri. Lakukan Pembangunan E-Government Secara Bertahap. http://www.depdagri.go.id/konten.php?nama=Artikel&op=detail_artikel&id=2. dikunjungi tanggal 3 Mei 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.