STRATEGI KELUAR DARI JEBAKAN KEMISKINAN (POVERTY TRAP) DI INDONESIA

Ripno Juli Iswanto, Eko Yuliasih, Salim Abdul Azis

Abstract


Tulisan ini berusaha menguraikan pengertian dari poverty trap atau jebakan kemiskinan, penyebab terjadi poverty trap di Indonesia dan strategi yang dapat diterapkan di Indonesia untuk keluar dari poverty trap ini. Metodologi penelitian yang digunakan pada kasus ini adalah analisis regresi dan simulasi dinamik yang berpijak pada teori model pertumbuhan ekonomi Solow-Swan. Variabel-variabel yang diamati meliputi tenaga kerja, modal dan tingkat teknologi yang diterapkan.

Hasil analisis ini menunjukan bahwa faktor penentu kemiskinan di Indonesia adalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia yang diakibatkan oleh minimnya alokasi dana untuk pendidikan, banyaknya tenaga pengajar yang tidak berkompeten di bidangnya, dan output yang dihasilkan masih jauh dari yang diharapkan. Dan faktor lain yang mempengaruhi poverty trap adalah ketersediaan investasi, jumlah tenaga kerja, dan hasil sektor pertanian.Model Solow-Swan memberikan dua buah hasil yaitu, pada steady-state yang sama, Negara miskin seharusnya mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan Negara kaya dan peningkatan investasi memberikan laju pertumbuhan investasi sama dengan perpindahan ekonomi menuju steady-state yang baru.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Deni Khanafiah dan Rolan Mauludy D., Mengatasi Persoalan Kemiskinan dengan Ekonomi Kompleksitas, Buletin BFI edisi ke-2 Paruh Pertama, 2006.

Dwi Tjahyono, E., Fajar Anugrah, D, Faktor-Faktor Determinan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Bank Indonesia, 2006.

Bellomo, N and L. Preziosi, Modelling Mathematical Methods and Scientific Computation, CRC Press, Inc. Florida, 1995

Clark, Alfred Jr., A Dynamical Systems Package for Mathematica, http://www.me.rochester.edu/clark/dynpac.html, 2003

F. Javier, Wolfgang, Andy, Elif, Investing in Indonesia’s Education : Allocation, Equity, and Efficiency of Public Expenditures, Policy Research Working Paper, The World Bank, 2007.

Wiloejo Wirjo Wijono, Mengungkap Sumber-Sumber Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dalam Lima Tahun Terakhir, Working Paper

Iriawan, Nur dan Astuti, Septin Puji, 2006. Mengolah data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14, Yogyakarta, Andi

Sumber data

- www.adb.org

- www.bps.org

- www.worldbank.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.