ANALISIS DAN PERANCANGAN E-SCM (STUDI KASUS: PT. MULTI MEGAH MANDIRI)

Rudy Rudy, Nancy Octavia, Novitriana Tjong, Tri Harsoyo

Abstract


PT. Multi Megah Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi kaos kaki. Perusahaan ini memiliki distributor tunggal di dalam negeri, beberapa distributor di luar negeri dan beberapa pemasok  yang tersebar di beberapa lokasi.  PT. Multi Megah Mandiri membutuhkan aplikasi yang berbasiskan web yang dapat mempermudah proses bisnis dengan pemasok, distributor dan proses internal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dengan melakukan  analisis preliminary step (tahapan pendahuluan) dan metode perancangan, terdiri dari pengembangan strategi electronic supply chain management, customer and service management, manufacturing and supply chain planning, supplier relationship management, logistik resource management, serta arsitektur electronic supply chain management. Aplikasi e-SCM yang dirancang menyajikan informasi bagi distributor, pihak internal perusahaan dan pemasok berbasis web. Aplikasi e-SCM ini akan mempermudah distributor dalam melakukan pemesanan dan melihat informasi mengenai produk yang ditawarkan oleh PT. Multi Megah Mandiri. Selain itu aplikasi ini akan mempermudah proses pemesanan bahan baku ke pemasok. Hasil penelitian berupa aplikasi e-SCM berbasis web, yang akan mempermudah PT. Multi Megah Mandiri melakukan transaksi dengan distributor dan pemasoknya.

References


Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto. (2003). Konsep Manajemen Supply Chain : Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern di Indonesia, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Kalakota, Ravi and Marcia Robinson. (2001). E-Business 2.0 Roadmap for Success, second edition, Addison Welsey, Massachusetts, USA.

Laudon, Kenneth C.; Laudon, Jane P. (2003). Essentials of Management Information Systems, Managing The Digital Firm. (5th ed.) Prentice-Hall, New Jersey

O’Brien, James. (2003). Introduction to Information System, International Edition, 11th edition. McGraw-Hill, NewYork.

Pujawan, I Nyoman. (2005). Supply Chain Management, Edisi Pertama. Guna Widya, Surabaya

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter (2005). Management, 8th edition. Prentice Hall International Inc, New Jersey.

Ross, David F. (2003). Introduction to e-Supply Chain Management , St.lucie Press, USA.

Smith, John Meredith. (2002). Manufacturing Engineering Modular Series : Logistic and the Out-Bounds Supply Chain, First Edition, Penton Press, London.

Williams and Sawyer. (2005). Using Information Technology : a Practical Introduction to Computer & Communication, Complete Edition, McGraw-Hill, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.