M-NINGBK: APLIKASI BIMBINGAN KARIER UNTUK SISWA SMP DENGAN PONSEL

Tri Prasetyaningrum

Abstract


Pada makalah ini, akan dipaparkan rancang bangun aplikasi m-NingBK©. Aplikasi ini terdiri dari empat aplikasi yang digunakan sebagai sarana pemberian bantuan layanan Bimbingan Konseling (BK) yang berjalan pada piranti mobile yaitu telepon seluler (ponsel). Empat aplikasi tersebut adalah aplikasi bimbingan belajar, aplikasi bimbingan pribadi, aplikasi bimbingan sosial dan aplikasi bimbingan karier. Pada makalah ini, hanya akan dibahas aplikasi "m-NingBK©: Bimbingan Karier" yang dirancang khusus untuk anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode pendekatan yang dipakai adalah pendekatan gabungan antara multimedia interaktif dan psikologi pendidikan. Oleh karena itu, proses rancang bangun yang dilakukan adalah bahan-bahan dari satuan layanan bimbingan karier digitalisasikan, divisualisasikan secara bijaksana dan dibuat interaktif. Cara ini dimaksudkan agar siswa bukan hanya mendengar dan melihat tetapi juga "melakukan" secara maya. Terdapat lima komponen multimedia yang dipakai pada aplikasi "m-NingBK©: Bimbingan Karier" yaitu teks, gambar/grafik, audio/suara, animasi dan video. Empat menu disediakan oleh aplikasi ini yaitu menu potensi diri, menu karier, menu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dan menu tentang. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash Profesional 8 dan Adobe Flash Lite 2.1. Aplikasi ini diujicobakan dengan emulator Nokia N70, Handset Nokia N 73 Music Edition dan Sistem Operasi Symbian.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


---, 2008, Bisnis CP yang Menggiurkan, Pulsa, Dwi Mingguan Edisi 125 Th. V/2008 / 14 – 27 Februari.

Prasetyaningrum, Tri, 2008, Apa Karir Itu?, (Handout.), SMP N 18 Purworejo – Jawa Tengah.

Prasetyaningrum, Tri, 2008, Mengenal Lingkungan Pendidikan Lanjutan?, (Handout.), SMP N 18 Purworejo – Jawa Tengah.

Prasetyaningrum, Tri, 2008, Mengenal Potensi Diri?, (Handout.). SMP N 18 Purworejo – Jawa Tengah.

Prasetyaningrum, Tri, 2008, Rancang Bangun Mobile Bimbingan Konseling Dengan Pendekatan Multimedia Interaktif, Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV Call For Paper “Penerapan Teknologi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Secara Berkelanjutan Buku 10. Fakultas Teknologi & Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta 5 April 2008. ISBN 978-979-1334-20-4..

Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, 2006, Pengembangan Diri ALLSON Model Pengembangan Diri SD/MI/SDLB - SMP/MTS/SMPLB – SMA/MA/SMALB/SMK 20 s.d 21 September 2006.

Suyoto, 2005, Membuat Sendiri Aplikasi Ponsel, Gava Media. Jogjakarta.

Suyoto, 2008, Multimedia Pendidikan: Teori dan Praktek, Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kusumaputra, R Adhi, 2006, Internet, Kunci ke Babak Baru Pertumbuhan Industri Ponsel, Kompas, 29 November 2006.

Suryadhi, Ardhi, 2008, Akhir 2008 Pengguna Ponsel Lampaui Separuh Penduduk Dunia. detikinet Jumat, 08/02/2008 09:21 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.