PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SEKOLAH MENENGAH UMUM (SMU)

Yulmaini Yulmaini, Netti Septina

Abstract


Perangkat pembelajaran yang terdiri dari media pembelajaran dan informasinya, merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas berbasis multimedia untuk Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) khususnya kelas 12. Materi yang digunakan dalam perangkat pembelajaran khususnya biologi haruslah sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini.

Perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran biologi lebih banyak menggunakan gambar/alat peraga dan buku paket sehingga dianggap kurang sesuai dengan tujuan dari kurikulum dan metode pembelajaran yang ditetapkan, karena dalam setiap penyampaian materinya guru harus selalu berperan aktif karena guru merupakan mediator, sehingga menimbulkan adanya ketergantungan siswa terhadap guru. Kurikulum saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP) menginginkan terbentuknya siswa yang berpengetahuan, terampil, memiliki sikap dan nilai yang baik dan diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak Sedangkan metode pembelajaran yang diterapkan adalah CTL (Conceptual Learning) dimana menuntut siswa agar lebih mandiri dan kreatif.

Metode pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan Systems Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan studi pustaka. Implementasi dari model Waterfall ini dijelaskan melalui analisis sistem, konteks diagram, DFD, struktur tabel database, relasi antar tabel, dan rancangan input output. Untuk membuat Perangkat Pembelajaran Biologi  sebelumnya perlu dilakukan implementasi sistem untuk menentukan penentuan struktur database, struktur data, pengkodean dan user interface dengan menggunakan Macromedia FLASH 8 Professional  karena Macromedia FLASH 8 Professional. Database Management System (DBMS) yang digunakan adalah Notepad yang sebelumnya telah dihubungkan dengan Action script yang terdapat dalam Macromedia FLASH 8 Professional.

Untuk merancang dan membuat website ini, penulis menggunakan Macromedia Flash profesional, Audio Studio, ACD See Pro, PHP Editor.


References


Ansori, Imam, Konsepsi Kurikulum Tentang Pengajaran BA dalam MI dan Kelemahan Pengembangannya Dalam Buku Teks, 2001, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Herlambang, Ferry,2007, Membuat Efek Khusus dengan Action Script 2.0, Jakarta : PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Jogianto, H.M, 1990, Analisis dan Desain Sistem Informasi (EDISI SATU), Yogyakarta : ANDI.

Pressman Roger.2002, Rekayasa Perangkat Lunak (BUKU SATU), Yogyakarta : ANDI.

Rosch, Winn,1995, Multimedia Bible SAMS Publishing, Indiana Polish.

Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer, 2006, Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash 8 Professional, Jakarta : Salemba Infotek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.