PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN BERBASIS WEB PADA KANTOR BPN (BADAN PERTANAHAN NASIONAL) KABUPATEN BADUNG

Herry Sofyan, Yuli Fauziah, I Gede Yoby Negara

Abstract


Proses pendaftaran permohonan bukti hak atas tanah (sertipikat) sering kali menjadi hal yang sangat menjemukan bagi sebagia masyrakat. Hal ini dikarenakan proses pengurusan yang dianggap terlalu lama dan kurang informatif. Hal tersebut dikarenakan masih banyak kantor-kantor BPN yang ada di kabupaten dan kota yang melakukan proses pembuatan sertipikat secara manual, seperti misalnya pada kantor BPN Kabupaten Badung, Bali. Hal ini mengakibatkan sulitnya masyarakat untuk memperoleh informasi tentang pertanahan, pendaftaran permohonan bukti hak atas tanah (sertipikat) dan informasi tentang tanah mereka secara detail sebelum sertipikat tanah mereka diakui secara hukum. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dikembangkan sebuah aplikasi layanan pertanahan pada kantor BPN berbasis web. Pengembangan aplikasi ini menggunakan yang umum digunakan yaitu metode waterfall dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan memanfaatkan software pendukung Macromedia Dreamweaver dan untuk DBMS digunakan MySQL.

Aplikasi layanan pertanahan berbasis web ini diharapkan dapat membantu untuk memudahkan para pegawai di kantor BPN khususnya BPN Kabupaten Badung, Bali untuk melayani pemilik tanah dalam memperoleh informasi tentang pertanahan, informasi proses pendaftaran permohonan sertipkat dan informasi perkembangan proses pengurusan sertipikat yang sedang berjalan hingga sertipikat selesai dibuat yang telah memiliki ketetapan hukum.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fathansyah, 2002, Basis Data, Informatika, Bandung.

Hakim, Lukmanul, Musalini, Musalini, 2003, 150 Rahasia dan Trik Menguasai PHP, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto, HM, 1999, Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemgograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan, Andi, Yogyakarta.

Prahasta, Eddy, 2005, Sistem Informasi Geografi: Konse-konsep Dasar Sistem Informasi Geografi, Informatika, Bandung.

Pressman, Roger S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, jilid 1, Andi, Yogyakarta

Rickyanto, Isak, 2002, Desain WEB dengan Dreamweaver MX., Elex Media Komputindo., Jakarta.

Sutarman, 2003, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL, Graha Ilmu, Yogaykarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.