PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI e-TransMobile BERBASIS WAP PORTAL MENGGUNAKAN GPRS – General Packet Radio Service

Hanny Hartanto, Henresia Khristiani, Petra Tauli Pasaribu, Yuri Ari Jayanti, Yuri Prima Fittryani

Abstract


Pada makalah ini, akan dipaparkan perancangan dan pengembangan aplikasi sistem transaksi online dengan menggunakan handphone berbasis wap portal dengan pemanfaatan fasilitas General Packet Radio Service (GPRS). Aplikasi tersebut dinamakan e-TransMobile. Aplikasi ini dirancang untuk pengembangan aplikasi berbasis Local Area Network yang ada saat ini, dengan perluasan jangkauan aliran data sehingga informasi transaksi suatu perusahaan tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu melalui media handphone. Aplikasi ini terdiri dari interaksi client-server, dimana interaksi ini merupakan bagian yang dijalankan pihak internal perusahaan. Serta interaksi piranti teknologi komputer dengan handphone, yang bertindak sebagai penampung data dan piranti transaksi. Terdapat empat komponen yang digunakan yaitu basis data, graphic interface mobile, web interface, dan relasi data. Aplikasi e-TransMobile dibangun dengan menggunakan perangkat lunak MySqlServer 2005, Visual Studio 2005, Macromedia Flash Profesional 8 dan Adobe Photoshop CS 3. Transaksi yang ditampung meliputi informasi penjualan, pembelian, status pembayaran, stok barang serta data konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan media on-line melalui interface handphone yang terhubung dengan server perusahaan dimana aliran data ditujukan pada pihak internal perusahaan yang berkepentingan pada informasi yang diberikan. Maksud dari proses perancangan dan pengembangan aplikasi e-TransMobile yang dilakukan adalah informasi transaksi diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih cepat, akurat dan relevan untuk mencapai keefisienan dan keefektifan kinerja perusahaan. Sistem informasi ini dimaksudkan agar perusahaan akan lebih dapat mengoptimalkan sistem transaksi serta dapat memperluas jangkauan pemasaran.


References


Auw, Jim, November 2002, “Hidup Bebas Dari Jeratan Kabel”, Chip November

Dayem, Rifaat A, 1997, Mobile Data & Wireles LAN Technologies, Prentice may

Dendrick, Dan, 1992, Network Know How, McGrawHill,

Dodd, Annabel Z, 2000, The Essential Guide to Telecomunications, Prentice Hall

Indrajit, Eko, 2000, Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Jonason; Eliasson, 2001, Mobile Internet revenues: an empirical study the I-mode portal, Emerald Group Publishing Limited. Philadelphia.

Modul Praktikum Sistem Operasi dan Jaringan, Membangun Aplikasi Basis Data Web dan Mobile Berbasis Teknologi .NET, Universitas Atma Jaya Yogyakarta Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri. Yogyakarta, 2008.

Tutorial Pengenalan Adobe Device Central CS 3, 2007, Interactive Tech..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.