SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN MAKANAN CEPAT SAJI MELALUI INTERNET DENGAN MULTI OUTLET

Antok Supriyanto, Bre Sukma Kirana

Abstract


Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi belakangan ini, banyak sekali dimanfaatkan baik oleh pelajar, masyarakat umum, bahkan para produsen yang ingin meningkatkan pelayanan dan memperluas jangkauan pemasaran.

Hal ini juga merambah pada produsen makanan, khususnya restoran waralaba yang semakin menjamur di Indonesia. Selama ini untuk melayani konsumen, salah satu produsen  memanfaatkan saluran telpon untuk menerima pesanan dari konsumen. Tentunya pelayanan melalui saluran telpon ini mempunyai berbagai kekurangan yang tentunya dapat mengurangi kepuasan konsumen. Diantaranya konsumen hanya mengetahui nomer telpon outlet tertentu yang lokasinya sangat jauh dari konsumen padahal ada outlet yang lebih dekat dengan konsumen, hal ini tentu tidak menguntungkan konsumen karena akan menerima pesanan lebih lama dikarenakan jarak outlet yang jauh dari konsumen.  Untuk memperbaiki kekurangan tersebut, tampaknya produsen ingin memanfaatkan kelebihan internet yang akhir – akhir ini mewabah di Indonesia. Dengan menggunakan sistem pemesanan makanan cepat saji melalui internet dengan multi outlet ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang sering dikeluhkan oleh konsumen. Konsumen cukup memesan makanan yang diinginkan melalui web yang disediakan dengan mengklik  menu yang tersedia. Kemudian menu yang telah dipesan oleh konsumen dikirimkan ke server. Setelah itu server akan mengolah data pesanan dan dengan menggunakan algoritma jarak terpendek dan mengirimkan email kepada outlet yang terdekat dengan konsumen untuk melayani pesanan tersebut. Kemudian outlet yang lokasinya lebih dekat akan mengirimkan pesanan kepada konsumen sehingga pesanan tersebut dapat diterima konsumen lebih cepat. Untuk pembayarannya dilakukan setelah pesanan tiba ke alamat konsumen.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung, Gregorius, 2000, ColdFusion 4 Web Database Programming, CV. Jubilee Solusi Enterprise.

Agung, Gregorius, , 2000, Macromedia Dreamweaver 3 Belajar Sendiri, CV. Jubilee Solusi Enterprise.

Estabrook, Noel, 1996, Teach Yourself THE INTERNET in 24 Hours, Macmillan Computer Publishing.

Hester, Nolan, 2001, Macromedia Dreamweaver Ultradev 4 Training From The Source, Macromedia Press, California,

Jogiyanto, H.M, 2001, Analisis & Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Andi Offset, Jogjakarta.

Kendall, Kendall, 2003, Analisis dan Perancangan Sistem, Pearson Education Asia Pte. Ltd dan PT Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol ( Jilid 2 ), PT. Prenhallindo, Jakarta.

Morgan, Michael, 1996, Web Master Solution, Que Corporation, Indianapolis.

Permana, Budi, 1998,. 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Access 97, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sampurna, 2001, Seri Penuntun Praktis Macromedia Flash 5.0, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Taha, A Hamdy, 1996, Riset Operasi Jilid Satu, Binarupa Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.