OPTIMAL GENERATOR SCHEDULING BASED ON PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

Maickel Tuegeh, Adi Soeprijanto, Mauridhi Hery P

Abstract


Generator scheduling merupakan bagian penting dalam pengoperasian sistem tenaga listrik. Tidak ada penjadwalan yang baik dapat menyebabkan biaya yang sangat besar dalam proses pengoperasian terutama pada sisi pembangkitan, juga dapat menyebabkan tidak ada koordinasi dalam menyalurkan tenaga listrik. Optimasi penjadwalan dari generator diperoleh dengan kecerdasan buatan diantaranya menggunakan teknik Particle Swarm Optimization (PSO). Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode yang digunakan memberikan performa yang sangat baik dan hasil ini juga dibandingkan dengan metoda iterasi lamda untuk melihat keakuratan dari hasil yang didapat. Metode ini diaplikasikan pada dua contoh sistem dan diselesaikan dengan menggunakan Matlab.


References


Allen J, Wollenberg Bruce F, (1996), “Power Generation, Operational, and Control”, Second Edition, Jhon Wiley & Sons, Inc.

Kundur Praba (1993) “Power Sistem Stability And Control” McGraw-Hill.

Shahidehpour Mohammad, Wang Yaoyu, (2003) “Communication And Control In Electric Power Sistem” Jhon Wiley & Sons, Inc.

Saadat Hadi (2004) “Power Sistem Analysis” International Edition, McGraw-Hill.

James Kennedy and Russell C. Eberhart, with Yuhui Shi (2001) “Swarm Intelligence” Morgan Kaufmann Publishers.

Clerc Maurice (2006) “Particle Swarm Optimization” ISTE, Ltd Pablo E. Oñate Yumbla, Juan M. Ramirez and Carlos A. Coello Coello (Feb 2008) “Optimal Power Flow Subject to Security Constraints Solved With a Particle Swarm Optimizer” IEEE Transactions on Power Systems, vol. 23, no. 1.

Andi Syarifuddin, 2008, “ Economic Dispatch For Thermal Generator In Sulawesi Selatan System Using Modified Improved Particle Swarm Optimization” ITS Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.