SEGMENTASI CITRA MENGGUNAKAN WATERSHED DAN ITENSITAS FILTERING SEBAGAI PRE PROCESSING

Murinto Murinto, Agus Harjoko

Abstract


Segmentasi merupakan langkah pertama dan menjadi kunci. Segmentasi citra merupakan suatu teknik pengelompokkan (clustering) untuk citra. Dengan kata lain, merupakan suatu proses pembagian citra ke dalam wilayah (region) yang mempunyai kesamaan fitur antara lain : tingkat keabuan (gray scale), teksture(texture), warna(color), gerakan)motion).Metode yang termasuk dalam segmentasi citra antara lain : transformasi watershed (Watershed Transformatio). Metode yang didasarkan pada watershed telah dikembangkan dalam beberapa tahun belakangan ini. Secara umum, transformasi watershed dapat dikelompokkan dalam segmentasi sebagai metode yang didasarkan pada wilaya (region). Transformasi watershed merupakan salah satu metode yang cukup baik untuk mendapatkan suatu objek hasil segmentasi. Tetapai metode ini mempunya satu kelemahan yaitu adanya segmentasi yang berlebihan (over segmentation). Maka dari itu sebelum melakukan transformasi perlu dilakukan suatu pre processing dan salah satu teknik yang digunakan adalah noise reduction. Noise Reduction merupakan suatu proses mengurangi noise dari suatu signal, biasanya muncul sebagai akibat adanya pensamplingan yang kurang bagus atau akibat saluran transmisi pada saat pengiriman data. Beberapa jenis noise yang biasanya dijumpai adalah salt and pepper, impulse, dan Gaussian. Terdapat dua macam noise reduction pada intensity filtering, yaitu high pass filtering dan low pass filtering.Dalam penelitian ini dikembangkan suatu penggabungan antara intensitas filtering sebagai preprocessing citra dan transformasi watershed untuk menghasilkan segmentasi dengan kualitas yang lebih baik. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan pre processing sebelum tranformasi watershed dapat mengurangi over segmentasi yang berlebihan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adipranoto, P. 2005. Kombinasi Metode Morphological Gradient dan Transformasi Watershed pada Proses Segmentasi Citra Digital. UK Petra, Surabaya.

F. Meyer. Topographic distance and watershed lines. Signal Processing, 38:113–125, 1994.

F. Meyer and S. Beucher. Morphological segmentation. Journal of Visual Communications and Image Representation, 1(1):21–46, 1990.

Sumengen, B., Manjunath, B,S,.2005, Multi-scale Edge Detection and Image Segmentation. ECE Department, UC, Santa Barbara, CA, USA.

S. Beucher and C. Lantuejoul. Use of watersheds in contour detection. In International Workshop on Image Processing, Real-Time Edge and Motion Detection/Estimation, Rennes, France, June 26-28 1979.

Wertheimer,M.1938. Laws of organizations in perceptual forms(partial translation). In A Sourcebook of Gestalt Psychology, W.Ellis (Ed). Harcourt Brace and Company, pp. 71-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.