APLIKASI KAMERA VIDEO UNTUK PEMANTAU KEADAAN SUATU RUANGAN

Novrido Charibaldi, Dessyanto Boedi Prasetyo, Jatu Wiedyasari

Abstract


Peningkatan mobilitas manusia membuat perhatian terhadap masalah keamanan meningkat. Sehigga ada kebutuhan untuk memantau suatu ruangan dari jarak jauh yang dilengkapi dengan pengiriman pesan sebagai peringatan. Terdorong dengan perkembangan teknologi multimedia, aplikasi kamera video ini diharapkan mampu untuk memantau keadaan suatu ruangan, mendeteksi dan merekam pergerakan yang terjadi dalam ruangan tersebut dan mengirimkan foto hasilnya dalam bentuk Multimedia Messaging Service (MMS). Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan perangkat lunak ini adalah metode Unified Process (UP). Aplikasi ini berjalan pada sebuah komputer dengan menggunakan teknologi Java Media Framework (JMF) dan Swing dalam Java 2 Standard Edition (J2SE), dengan bahasa pemrograman Java versi 1.6.0, dan menngunakan MySQL untuk basisdata, serta ActiveXperts sebagai aplikasi pengirim MMS. Bahasa pemodelan sistem yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML).


References


Fowler, Martin, 2005, UML Distillled Edisi 3, Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar, Andi Offset,Yogyakarta.

Hermawan, Benny, 2004, Menguasai Java 2 dan Object Oriented Programming, Andi Offset, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2004 , Dasar Pemrograman Java 2, Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

Kirillov, Andrew, 2005, Motion Detection Algorithms.

,(diakses tanggal 18 September 2007).

Kruchten, P., dan Kroll, P., 2003, Rational Unified Process Made Easy: A Practitioner's Guide to the RUP, The, Addison Wesley.

Le Bodic, Gwenael, 2003, Mobile Messaging Technologies and Services SMS, EMS, and MMS, Chichester, John Wiley & Sons, Ltd.

Munawar, 2005, Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Munir, Rinaldi, 2004, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika, Bandung.

Subrahmanian, V. S., 1998, Principles of Multimedia Database Systems, Morgan Kaufman Publishers, Inc., San Fransisco, California.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.