PEMBUATAN APLIKASI STEREOGRAM GENERATOR

Rudy Adipranata, Danny Raharja, Cherry Galatia Ballangan

Abstract


Di dalam pengolahan citra digital, terdapat banyak cara atau metode untuk menghasilkan suatu citra agar menjadi lebih menarik. Salah satu hasil pengolahan citra tersebut adalah streogram, dimana pengolahan citra jenis ini dapat membuat citra tampak lebih menarik. Hal ini disebabkan citra jenis ini dapat membuat impresi pada otak manusia sebagai obyek tiga dimensi yang keluar dari citra dua dimensi biasa. Pada penelitian ini, dikembangkan aplikasi stereogram generator dengan melakukan penggabungan depth mask dan pattern yang di-input-kan atau dengan menggunakan titik-titik acak yang di-generate secara otomatis. Proses ini dilakukan dengan memindah posisi piksel sesuai dengan gray value pada depth mask.


References


Wikipedia. 2008. Autostereogram. Diakses pada 20 November 2008 dari

http://en.wikipedia.org/wiki/Autostereogram

Mathematische Basteleien. 2008. Stereogram. Diakses pada 30 Nopember 2008 dari http://www.mathematischebasteleien. de/stereogram.htm

Sir Charles Wheatstone. 2008. Diakses pada 20 Januari 2008 dari http://chem.ch.huji.ac.il/history/wheatstone.html

Tyler, C.W. and Clarke, M.B. 1990. The Autostereogram, Stereoscopic Displays and Applications, Proc. SPIE Vol. 1258:182–196.

Scott B. Steinman, Barbara A. Steinman and Ralph Philip Garzia. 2000. Foundations of Binocular Vision: A Clinical perspective. McGraw-Hill.

Thimbleby, Harold W.,Inglish, Stuart., and Witten, Ian H. 2007 Displaying 3D images: algorithms for single image random dot stereograms. Diakses pada 26 Januari 2007 dari http://www.cs.waikato.ac.nz/~singlis/sirds.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.