IMPLEMENTASI FPGA (FIELD PROGRAMMABLE GATE ARRAY) PADA SPREADING DAN DESPREADING MENGGUNAKAN KODE PSEUDONOISE KASAMI DAN JPL (JET PROPULSION LABORATORY)

Anang Budikarso, Aries Pratiarso

Abstract


Pada Makalah ini akan dibuat sistem spread spectrum untuk menebar dan mengatur kembali sinyal informasi, guna menjamin kerahasian dan keselamatan informasi. Proses penebaran dilakukan dengan menggabungkan sinyal informasi dan sinyal acak semu. Sinyal acak semu yang dibangkitkan menggunakan Kode Kasami dan JPL. Proses pengaturan kembali sinyal informasi adalah pengulangan dari proses penebaran. Sinyal hasil penggabungan digabungkan kembali dengan sinyal acak semu yang sama, untuk mendapatkan sinyal aslinya. Dari hasil percobaan yang dilakukan proses spreading despreading masih belum mengalami perubahan yang signifikan masih seperti data aslinya yaitu dengan laju bit Data 256 kHz, dengan laju PN : 8 MHz. Dalam membangun sistem tersebut digunakan FPGA Spartan II Type XSA-50 sebagai perangkat keras dan Xilinx Web Pack 7.1 sebagai perangkat lunak.


References


. Anang budikarso, M. Syafrudin “Implementasi FPGA pada Digital Logic Trainer”, Proceedings IES 2001, October 27-28, 2001 Surabaya.

. Anang budikarso, “Implementasi Verilog HDL pada rangkaian kombinational dan sekuential” Penelitian PENS-ITS 2000, April 14, 2000 Surabaya.

. Abdulqadir Alaqeeli and Janusz Starzyk, “ardware Implementation for Fast Convoution with a PN Code Using Field Programmable Gate Array” IEEE 2001.

. DJ Ridge,”Advance DSP on FPGAs and CPLDs”,proc. ICSPAT,1996.

. Iwan Dwi Santoso, Endroyono, Simulasi pembangkitan kode-kode acak semu dan evaluasi performansinya dalam aplikasi CDMA.

. .J. G. Proakis, Digital Communication. 3th edition, Mc Graw-Hill Book Company, New York, 1989.

. Kevin Skahill, ”VHDL for programmable Logic”,Addison-Wesley,1996.

. M. K. Simon, J. K Omura, R. A Scultz, and B. K. Levitt. “Spread Spektrum Communication Handbook”,New York, Mc Graw-Hill, 1994.

. R. L. Peterson, R. E. Ziemer, and D. E Borth, Introduction to Spread-spektrum Communication, Prentice Hall, Englewood Cliffs. NJ, 1995.

. Rappaport Theodore S., Wireless Communications - Principles & Practice, IEEE Press, pp 71-131,1996.

. Robert C. Dixon, Spread spektrum Systems with Commercial Application, 3th Edition, John Wiley and Sons, New York 1995.

. Young-Ki Han, “Implementation of PIPNLMS on FPGA”, proc. ICSPAT, 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.