DESAIN DAN IMPLEMENTASI LIVE STREAMING TELEVISI MENGGUNAKAN ADAPTIVE H264ENCODING

Firza Ramadhan, Agus Virgono, Ida Wahidah

Abstract


Teknologi Informasi yang paling luas penyebarannya adalah Televisi, dengan kemajuan teknologi sarana penyiaran Televisi tidak terbatas lagi ke TV broadcast menggunakan teknologi radio di gelombang khusus seperti saat ini, penyiaran TV telah menyebar ke sarana yang lain termasuk internet. Banyak teknologi yang bisa digunakan di internet, tetapi kandidat yang paling kuat adalah video streaming. Untuk aplikasi real-time atau live seperti kampanye atau siaran pengumuman pemerintah dll, teknologi video streaming yang digunakan adalah teknologi video streaming khusus yang disebut dengan live streaming.
Teknologi Live Streaming hampir sama dengan video streaming, hanya saja data yang digunakan langsung bersumber dari televisi atau kamera yang bersifat real time. Live Streaming memerlukan proses live encoding dan minimum buffering, sedangkan di sisi lain diharapkan delay seminimal mungkin. Masalah selanjutnya adalah keterbatasan bandwidth. Jaringan komputer yang digunakan untuk melewatkan berbagai aplikasi akan digunakan juga sebagai media streaming yang membutuhkan bitrate cukup tinggi. Proses ini akan menyebabkan beban jaringan bertambah sehingga service yang ada tidak dapat berjalan dengan baik (terganggu). Pada penelitian ini difokuskan pada proses live streaming H264 dengan metode transmisi multicast dengan ditambahkan sebuah program adaptive streaming. Codec H264 dipilih karena performansinya yang cukup baik pada level bitrate yang lebih rendah. Sistem multicast digunakan untuk mengatasi masalah keterbatasan bandwidth yang digunakan dalam streaming. Adaptive streaming digunakan untuk menyesuaikan bitrate dengan kondisi trafik pada jaringan. Didapatkan nilai PSNR 36,58 dB untuk bitrate 500kbps dan 31,42 dB untuk bitrate 200kbps yang masih berada diatas threshold ITU 20dB dengan MOS 3,4 untuk 50 responden, sistem adaptive menyebabkan berkurangnya paket loss dari 1,53% menjadi 0,46%, bandwitdh stream unucast 1698kbps untuk multicast 558kbps.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azikin, Askari. 2005. Analisis Kinerja Adaptive Streaming MPEG-4Encoding Pada Real-Time Monitoring System Via IPv6 Multicast. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro STT Telkom Bandung.

Yudha, Aditya. 2004. Implementasi dan Analisa IP Multicast Untuk Trafik Real TIme. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro STT Telkom Bandung.

Richardson, Iain E G. 2003. H264 and MPEG-4 Video Compression :Video Coding for Next-generation Multimedia, Aberdeen: The Robert Gordon University.

Ghanbari, M. 1999. Video Coding: an introduction to standard codecs, London: The Institution of Electrical Engineers.

Matrawy, Ashraf. 2002. Multicasting of Adaptively-encoded MPEG4 over QoS-aware IP Networks, Canada: Broadband Networks Laboratory, Department of Systems and Computer Engineering Carleton University.

Pawse, Guruprasad V. 2003. H.264 / MPEG-4 Part 10 AVC Baseline Decoder, India: Global Edge Software Ltd.

Vatolin , Dmitriy. 2005. MPEG-4 AVC/H.264 Video Codec Comparison, CS MSU Graphics&Media Lab Video Group.

RFC3550. RTP: A Transport Protocol for Real-Time Applications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.