SISTEM PENCARIAN FORUM BERBASIS ONTOLOGI DAN LABEL

Adi Wibowo, Gregorius Satiabudhi, Yulius Pranata

Abstract


Salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengguna internet adalah berdiskusi melalui sebuah forum. Setiap forum terbagi ke dalam beberapa kategori, dan setiap kategori memiliki beberapa percakapan (thread). Setiap percakapan dapat diberi label (tag) baik oleh pengguna yang membuka percakapan tersebut, atau peserta forum. Masalah yang muncul adalah bila sebuah forum telah menjadi besar mencari percakapan yang tepat yang sesuai kebutuhan pengguna menjadi lebih sulit. Penelitian ini bertujuan mengusulkan metode rekomendasi percakapan di sebuah forum internet yang menggunakan label dan didukung oleh ontologi yang sesuai dengan kategori percakapan.Penelitian ini mengkhususkan pada forum dengan kategori teknologi komputer. Forum tersebut adalah StackOverflow. Pada setiap percakapan pada forum tersebut terdapat label-label yang menjelaskan isi percakapan, misalnya C#, recursive, programming, dll. Label-label tersebut dikembangkan (diperbanyak) menggunakan ontologi komputer. Hasilnya adalah setiap percakapan akan diwakili oleh label-label asli dari StackOverflow, dan ditambah dengan label-label baru yang berasal dari ontologi. Label-label tersebut digunakan dalam proses pencarian berbasis Vector Space Model (VSM).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ontologi sebagai metode keyword extension meningkatkan nilai recall dari metode VSM tersebut.


References


Castells, Pablo., Miriam Fernandez, and David Vallet, 2007, An Adaptation of the Vector-Space Model for Ontology-Based Information Retrieval, Vol. 19, IEEE Transactions on Knowledge and Data Engineering, pp 261-272.

Freebase, 2013, Freebase API, https://developers.google.com/freebase/guide/basic_concept diakses pada tanggal 30 April 2013.

Liu, Ling, and M. Tamer Özsu (Eds.), 2009, Encyclopedia of Database Systems, Springer-Verlag.

Manning, Christopher D., Prabhakar Raghavan and Hinrich Schütze, 2008, Introduction to Information Retrieval, Cambridge University Press.

Salton, Gerard and Chris Buckley, 1987, Term Weighting Approaches in Automatic Text Retrieval, Technical Report TR87-881, Department of Computer Science, Cornell University,. Information Processing and Management Vol.32 (4), p. 431-443.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.