PEMANFAATAN WEB SERVICES PADA PROTOTIPE INTEGRASI DATA SISWA SMK PENERIMA DANA BANTUAN KHUSUS MURID

Dyah Ayu Irawati, Ahmad Ashari, Khabib Mustofa

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang tersebar dan terpisah jarak yang jauh sangat tidak efektif dan efisien dalam hal pendistribusian data siswa penerima BKM. Pendistribusian secara online juga tidak membantu pendistribusian data tersebut menjadi mudah karena harus berpindah-pindah dari satu situs ke situs yang lain untuk mengambil data.

Penelitian ini bertujuan membangun sebuah teknologi web services yang mampu mengintegrasikan unit data SMK di wilayah Dinas Pendidikan kabupaten Sleman. Dengan toolkit Netbeans 6.0, dibangun di atas server GlassFish v2.0 dan memanfaatkan XML, maka integrasi data dari SMK di Sleman yang memiliki basis data berbeda dapat dilakukan.

                Dengan web service tersebut, dihasilkan sebuah sistem informasi siswa penerima BKM yang merupakan integrasi dari layanan yang berada di SMK. Layanan sistem informasi tersebut dapat menjadi sumber informasi mengenai data siswa penerima BKM bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.


References


Booch, G. , J. Rumbaugh, dan I. Jacobsen. 1999. The Unified Modelling Language User Guide. Massachusettes : Addison-Wesley

Cerami, E. 2002. Web Service Essential. New York : O’Reilly & Associated, Inc.

Hadiwinata, M. 2005. XML Web Service dengan VB.NET. Jakarta : Indonesia .NET Developer Community.

Haviluddin, 2005, “Penerapan Basis Data Terdistribusi pada Sistem Keanggotaan Online Berbasis Web. Studi Kasus: Badan Pengurus Pusat Perhumas Jakarta”. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Pressman, R.S. 2001. “Software Engineering A Practitioner’s Approach”. New York : McGraw Hill Higher Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.