REKAYASA MODEL INTERNET MARKETING PADA E-SUPERMUSEUM BATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN BATIK PRODUK UNGGULAN UKM BATIK DI JAWA TENGAH

Ajib Susanto, Fikri Budiman

Abstract


Supermuseum atau supermarket dan museum suatu model berbasis web yang di dalamnya terdapat kios-kios maya (e-market) yang dapat digunakan para pengrajin home industry untuk memperluas pemasaran. Umumnya para pengrajin home industry batik di Jawa Tengah dalam mempromosikan dan memasarkan produknya melalui pameran–pameran seperti Jateng Fair, brosur dan antar pemakai batik. Hal ini mengakibatkan kurang optimalnya penyampaian informasi karena promosi yang dilakukan tidak menjangkau masyarakat yang berada jauh dari lokasi galeri pameran. Tujuan dari internet marketing pada e-Supermuseum Batik adalah meningkatkan pemasaran dan penjualan batik usaha kecil dan home industry. Metode pengembangan menggunakan metode waterfall dan 8C Framework sebagai acuan  merancang antarmuka untuk mengimplementasikan model bisnis.


References


Unesco, 2009, Indonesian Batik, http://www.unesco.org/culture/ich/en/RL/00170. Diakses 28 Maret 2013.

Budiman, F., 2012, Rekayasa Model ’Supermuseum’ Batik Online Untuk Mengenalkan Keanekaragaman Motif Batik Tradisional di Indonesia Dalam Upaya Meningkatkan Pemasaran Batik Produk Usaha Kecil dan Home Industri. Penelitian Hibah Strategis Nasional DIKTI 2012.

Eko Indrajit, Richardus, 2001, E-commerce: Strategi Bisnis Di Dunia Maya, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kotler, dan Keller, 2009, Marketing Management, Upper Saddle River, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip., Amstrong, Garry. 2004. Principle of Marketing, 10th Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Brad, Kleindl and James, L, Burrow, 2005, E-Commerce Marketing, Lakewood, Ohio : Top Floor.

Boone, Louis E, David l. Kurtz, 2005, Contemporary Marketing 2005, Thomson South Western, Ohio, USA.

Strauss, El-Ansary and Frost, 2003, E-Marketing, 3rd Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Yang, T. Andrew, Kim, Dan J., Dhalwani, Vishal, Vu, Tri K., 2012, The 8C Framework as a Reference Model for Collaborative Value Webs in the Context of Web 2.0, University of Houston – Clear Lake, Houston, Texas 77058, US.

Mohammed, R., Fisher, R. Jaworski, B., and Cahill, A. 2003, Internet Marketing, McGraw-Hill.

Kent, Peter, 2006, Search Engine Optimization For Dummies, Wiley Publishing. Inc, Indianapolis.

Pressman, R.S, 1997, Software Engineering : A Practitioner’s Approach, McGraw-Hill Companies.

Sthepenson, C, 1999, Recent Developments in Cultural Heritage Image Databases: Directions for User-Centered Design, Library Trends48(2).

Budiman dan Nurhendratno, 2012, Desain Database e-Supermuseum Batik Indonesia, Prosiding KOMMIT, Volume 7 – 2012, Lembaga Penelitian Universitas Gunadarma, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.