PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH TINGGI THELOGIA SEMARANG

Alexander Setiawan, Yulia Yulia, Yesaya Bangun

Abstract


Pada saat ini proses pengelolaan data akademik di Sekolah Tinggi Theologia Semarang dilakukan dengan cara yang kurang efektif untuk menunjang kebutuhan pelaku akademik di sekolah tersebut. Data-data akademik yang dibutuhkan mahasiswa sering tidak tepat waktu dalam proses penyampaiannya, sehingga diperlukan sistem informasi akademik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa, dan dapat meningkatkan kinerja sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada perguruan tinggi tersebut.

Pada penelitian ini, website akan dibuat untuk Sekolah Tinggi Theologia Semarang sehingga dapat mengolah data-data akademik seperti data pendaftaran registrasi studi, data nilai. Secara cepat dan tepat, dan dapat memberikan informasi penting bagi setiap penggunanya. Aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan teknologi PHP, Adobe Dreamweaver, dan MySQL.

Dari hasil implementasi dan pengujian website sistem informasi akademik pada Sekolah Tinggi Theologia Semarang ini, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik ini telah mampu menjalankan fungsinya dengan baik yaitu berupa sistem pendataan, sistem penjadwalan, sistem penilaian, dan sistem pendaftaran rencana studi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Haag, Stephen, 2008, Information System Essentials 3rd Edition, Mc-Graw Hill Publisher.

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Rustan, Dedi, 2012, Sistem Informasi Akademik. Diakses 10 Februari 2012. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/377/jbptunikompp-gdl-dedirustan-18842-3-babii.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.