KOMPOSISI WARNA WEBSITE UNIVERSITAS KELAS DUNIA, STUDI KASUS HARVARD UNIVERSITY, UNIVERSITY OF CAMBRIDGE DAN NATIONAL TAIWAN UNIVERSITY

Arif Ranu Wicaksono, Wachid Marindras, H. S, V. Ipung Kristianto

Abstract


Warna sangat besar pengaruh dalam kehidupan manusia sehari – hari, baik dalam dunia seni lukis, media masa cetak, desain interior, presentasi, dunia politik dan tentunya juga pada desain web. Warna merupakan sebuah bidang yang menarik untuk dikaji karena warna mempengaruhi psikologis,  kognitif, rasa dan warna memberikan identitas pada setiap obyek yang dilekatinya. Komposisi warna bisa diibaratkan dua sisi mata pisau, bila tepat mengkombinasikannya maka akan memberikesan positif dan apabila salah dalam mengkombinasikan maka akan memberikan kesan negatif kepada orang yang melihatnya. Pada penelitian ini penulis akan menganalisis komposisi warna pada website universitas kelas dunia (Harvard University, University Of Cambridge, National Taiwan University) dan mencoba menerjemahkan arti dibalik warna website tersebut berdasarkan teori warna budaya barat.


References


CISC Team. 2013. “World Ranking Web Of Universities”. Dalam http://www.webometrics.info. Diakses pada 1 Maret 2013.

Lee, Sangwon dan Richard J. Koubek. 2010. “The Effects Of Usability And Web Design Attributes On User Preference For E-Commerce Web Sites”. Dalam www.elsevier.com/locate/compind diakses 23 April 2013.

Nugroho, Eko. 2007. Pengenalan Teori Warna. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Robert. 2013. “Grab Hex Color Values from Other Website”. Dalam http://www.colorcombos.com/ grabcolors.html. diakses 23 April 2013.

Simarmata, Janner. 2009. Rekayasa Web. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sudarmawan dan Ariyus, Dony. 2007. Interaksi Manusia & Komputer. Penerbit Andi : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.