ANALISIS PEMANFAATAN E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI BISNIS JUAL BELI EMAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Eko Hariadi, Wing Wahyu Winarno

Abstract


Pemanfaatan e-commerce sebagai strategi bisnis dimasa depan sangat ditentukan oleh kepuasan dan penerimaan website sebagai sarana perusahaan memberikan informasi harga emas. Perusahaan mempunyai inovasi produk unggulan yang mampu bersaing dengan kompetitor dibidang transaksi jual beli emas. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan toko emas yang telah menggunakan layanan transaksi yang dilakukan perusahaan sebanyak 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) .

Berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM) terdapat ketiga variabel prediktor yang telah dikembangkan peneliti yaitu desain/fitur website, sumber daya perusahaan dan kemampuan/ketrampilan berhubungan dengan kebermanfaatan dan kemudahan akses ditentukan dengan sikap dan niat terhadap kepuasan dan penerimaan website. Sedangkan yang mempunyai pengaruh positif adalah sumber daya perusahaan terhadap manfaat, kemudahan akses terhadap manfaat, kemudahan akses terhadap sikap, kebermanfaatan terhadap niat dan niat terhadap kepuasan serta kebermanfaatan terhadap kepuasan dan penerimaan website.

Dengan demikian sumber daya perusahaan  dan kemudahan  akses sangat mempengaruhi manfaat yang dapat menguatkan niat pengguna untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan.


References


Costa, E.d. 2001, Global e-commerce strategies for small businesses, MIT Press, Cambridge, Mass.

Davis, FD. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 73(3), 319-340.

D’Angelo, J. & Little, S. 1998,’ Successful web pages : what are they and do they exist?’, Information Technology and Libraries, vol.17(2), pp.71-81.

Hoffman, D.L. & Novak, T.H. 1997,’A new marketing paradigm for electronic commerce’, The Information Society, vol.13, pp.43-54.

Jones, Andrew Burton & Geoffrey S. Hubona. 2003. “The Mediation of External Variables in the Technology Acceptance Model,”Georgia State University, mis.sauder ubc.ca /members /burton-jones/PDFs/ABJ-GH-03.pdf.

Malhotra, Yogesh & Dennis F. Galletta. 1999.”Extending the Technology Acceptance Model to Account for Social Influence: Theoretical Bases and Empirical Validation,” www.brint.org/ technology acceptance.pdf.

Mas’ud, Fuad. 2004, Survei Diagnosis Organisasional (Konsep dan Aplikasi), Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Santoso, S. 2007. Structural Equation Modeling: Konsep dan aplikasi dengan AMOS. Elex Media Komputindo.

Sekaran, Uma, 2006. Research Methods For Business Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Penerbit Salemba Empat.

Siregar R.R. 2010. Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan e-Commerce. http://blog.trisakti.ac.id.

Zwass, V., 1998, Foundation of Information Systems, International Edition, McGraw- Hill, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.