MODEL OPTIMASI PENULISAN ARTIKEL YANG BERSAING DI HALAMAN HASIL MESIN PENCARI

Ema Utami

Abstract


Mesin pencari sangat berperan sebagai jembatan antara penyedia informasi dan pencari informasi. Mesin pencari memiliki algoritma tersendiri untuk mendapatkan informasi dari halaman website yang kemudian disimpan dalam basis data berupa indeks. Saat ini jumlah website yang beroperasi di internet sudah sangat banyak, sehingga menyebabkan persaingan pada posisi di halaman hasil mesin pencari menjadi sangat ketat. Posisi di halaman hasil mesin pencari akan sangat berpengaruh terhadap banyaknya pengunjung. Penelitian ini menghasilkan website yang dikembangkan untuk membantu penulisan artikel yang tepat dan cocok untuk bersaing di mesin pencari. Melalui website ini, artikel yang telah ditentukan kata kuncinya akan dibantu untuk mengoptimalkannya. Beberapa hal yang perlu dioptimalkan akan diberikan saran secara otomatis oleh sistem dan sistem secara otomatis akan menghitung skor untuk artikel yang ditulis. Hasil dari pengembangan website ini bermanfaat bagi webmaster, penulis artikel dan marketing internet untuk meningkatkan kemampuan saing website mereka di mesin pencari, khususnya bagi blogger dan pemilik toko online, dimana mereka sangat tergantung pada posisi di SERP (search engine results page). Selain itu penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siapapun yang ingin membahas lebih lanjut tentang SEO (search engine optimization), karena teknik SEO selalu berubah mengikuti algoritma mesin pencari.


References


Anonim, 2012, Search Engine Use 2012, online di http://pewinternet.org/~/media/Files/Reports/2012/PIP_Search_Engine_Use_2012.pdf diakses 23 April 2013

Anonim, 2013, Web Server Survey, online di http://news.netcraft.com/archives/2013/01/07/january-2013-web-server-survey-2.html diakses 11 April 2013

Avianto, T., 2010, Trik Membuat Website & Blog Menjadi No. 1 di Google, Penerbit MediaKita Jakarta

Enge, E., Spencer, S., Fishkin, R., dan Stricchiola, J. C., 2010, The Art of SEO, O'Reilly, California

Grappone, J. dan Couzin, G., 2010, Search Engine Optimization: An Hour a Day, Sybex, Canada

Shera, A, 2010, Step by Step Internet Marketing, Penerbit Elex Media, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.