MOBILE APPLICATION “PRAMUKA DALAM ANDROID” SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATERI PRAMUKA

Berlilana Berlilana, Dhanar Surya Saputra, Seto Wahyu Widayat

Abstract


Android merupakan sistem operasi mobile yang open platform, yaitu sistem operasi yang memungkinkan pihak ketiga untuk melakukan pengembangan-pengembangan dalam aplikasinya. Hal tersebut mendorong minat para pengembang semakin tinggi untuk berinovasi dalam menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen baik terhadap hiburan, informasi umum maupun pendidikan. Salah satu bentuk kebutuhan akan pendidikan yaitu pendidikan kepribadian dan ketrampilan, yang terkemas dalam suatu latihan Kepramukaan. Materi yang diajarkan dalam Pramuka meliputi Kode Kehormatan Pramuka, Morse, Semaphore, Sandi, Tali temali, Perkemahan, Tanda Jejak dan Baris-berbaris. Pendidikan Pramuka sangat berperan dalam membentuk karakter bangsa yang unggul, sehingga pembelajaran dalam Kepramukaan pun menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Saat ini diperlukan metode pembelajaran meteri Pramuka yang lebih dinamis dan menarik agar para anggota Pramuka lebih tertarik dalam mempelajarinya. Atas latar belakang masalah tersebutlah maka penelitian ini dibuat dengan tujuan memanfaatkan perangkat smartphone Android sebagai media pendukung dalam pembelajaran materi Pramuka. Hasil dari penelitian ini adalah suatu mobile application “Pramuka Dalam Android” yang berisi tentang materi-materi yang terdapat dalam Pramuka. Mobile application ini dibangun dengan software Adobe Flash CS5.5 dan bahasa scripting ActionScript 3.0.


References


Anonim, Sekilas Gerakan Pramuka, http://www.pramuka.or.id diakses tanggal 12 Maret 2013

Aplikasi Keren, 2012, Adobe Air Untuk Android. http://www.aplikasikeren.com diakses tanggal 28 Maret 2013

Binanto, I. 2010, Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannya. Andi. Yogyakarta.

Nikensasi, P., 2012, Rancang Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika Dengan Memanfaatkan Accelerometer dan Physics Engine Box2D Pada Android, Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Pranowo, G., 2011, Kreasi Animasi Interaktif Dengan Action Script 3.0 pada Flash CS5. Andi. Yogyakarta.

Rachman, I.S., 2012, Perancangan Mobile Game Edukatif “Mewarnai Gambar” Dengan Adobe Flash CS5, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Safaat H., Nazruddin., 2011, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Ulimaz, E.F., 2012, Aplikasi Mobile Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis Android Menggunakan Java Platform Android Versi 2.2, Teknologi Industri, Universitas Gunadarma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.