STRATEGI KONTROL PADA KONVERTER DAYA DI SUMBER DAYA AKTIF HYBRID FUEL CELL / BATERAI
Abstract
Sumber daya hybrid terdiri dari fuell cell dan baterai dapat dikombinasikan pada energi dari fuel cell dengan daya dari baterai. Dipaper ini tidak memperhitungkan pengaruh inputan dari fuel cell. Sebuah konverter daya dc/dc dapat ditempatkan diantara fuel cell dan baterai untuk keseimbangan aliran daya yang meningkatkan daya puncak output. Strategi kontrol dari konverter daya di sumber daya hybrid. Startegi kontrol mampu mengatur arus output dari fuel cell dan arus charging atau tegangan dari baterai ketika membatasi arus discharging dari baterai. Menggunakan beban yang ditempatkan setelah fuel cell. Simulasi menggunakan MATLAB/Simulink. Hasil simulasi dipertunjukkan pada strategi kontrol yang mampu memilih metode penggaturan dengan tepat dan arus fuel cell, arus baterai dan tegangan baterai mengatur sewajarnya. Hasil simulasi juga menunjukkan bahwa konveter daya dapat mengatur pertemuan berbagai sumber daya hybrid.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Zhenhua Jiang, Lijun Gao dan Roger A. Dougal, Flexibel Multiobjektif Control of Power Converter in Aktif Hybrid Fuel Cell/Battery Power Source, 2005, IEEE Transaction On Power Electronics, vol. 20, no.1.
T. B. Atwater, P. J. Cygan, dan F. C. Leung, Man portable power needs of the 21st century: I. Applications for the dismounted soldier. II. Enhanced capabilities through the use of hybrid power sources, Nov. 2000, J. Power Sources, vol. 91, no. 1, pp. 27–36.
R. F. Nelson, Power requirements for batteries in hybrid electric vehicles, Nov. 2000, J. Power Sources, vol. 91, no. 1, pp. 2–26.
L. P. Jarvis, T. B. Atwater, dan P. J. Cygan, Hybrid power sources for land warrior scenario, Sep. 2000, IEEE Aerosp. Electron. Syst. Mag., vol. 15, no. 9, pp. 37–41.
L. P. Jarvis, P. J. Cygan, dan M. P. Roberts, Hybrid power source for manportable applications, Jan. 2003, IEEE Aerosp. Electron. Syst. Mag., vol. 18, no. 1, pp. 13–16.
M. Nadal dan F. Barbir, Development of a hybrid fuel cell/battery powered electric vehicle, Jun. 1996, Int. J. Hydrogen Energy, vol. 21, no. 6, pp. 497–505.
P. B. Jones, J. B. Lakeman, G. O. Mepsted, dan J. M. Moore, A hybrid power source for pulse power applications, Jul. 1999, J. Power Sources, vol. 80, no. 1–2, pp. 242–247.
Z. Jiang, L. Gao, dan R. A. Dougal, Design and experimental tests of
control strategies for active hybrid fuel cell/battery power sources, May 2004, J. Power Sources, vol. 130, no. 1, pp. 163–171.
P. Stewart, G.W. Jewell, R. E. Clark, dan P. J. Fleming, Controllability analysis of multi objective control systems, Sep. 2002, in Proc. IEEE Int. Symp. Computer Aided Control System Design, vol. 1, pp. 74–79.
M. Trentini dan J. K. Pieper, A case study of multi objective control: Synthesis and analysis, Sep. 1998, in Proc. IEEE Int. Conf. Control Applications, vol. 2, pp. 1001–1005.
Refbacks
- There are currently no refbacks.