MODEL OPTIMALISASI PELUANG PEMANFAATAN MEDIA JEJARING SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI E-GOVERNANCE di INDONESIA

Authors

  • Herri Setiawan Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Puwo Santoso Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fisipol, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini ikut memudahkan penyelengggaraan pemerintahan. Melalui TIK ini dikenallah istilah e-Government, yaitu pengembangan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Pemerintah terlalu fokus pada pengembangan e-Government, namun tidak menyadari bahwa sebenarnya diperlukan serangkaian langkah untuk memastikan masukan masyarakat betul-betul mengotimalkan pelaksanaan tugasnya. E-Governance mengemban fungsi yang luas, memastikan optimalnya hubungan dalam seluruh jaringan melalui penggunaan dan penerapan TIK. E-Governance adalah pendekatan prosedural dasar dan standar yang berhubungan dengan administrasi publik. Maraknya penggunaan social media menunjukkan gejala supply-driven. Governance hadir dalam sosok yang berwatak demand-side. Penelitian ini hendak menjawab bagaimanakah pola interaksi pemerintah-masyarakat yang dapat mengoptimalkan penggunaan social media. Atas dasar pemahaman akan iteraksi itulah dirumuskan model pengembangan TIK yang mengotimalkan kualitas interaksi antara kedua belah fihak.

Author Biography

Herri Setiawan, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Telematika

References

Allen, M. (2009). Tim O ’ Reilly and Web 2 . 0 : the economics of memetic liberty and control, 1–15.

BV4. (2012). Brand Report 1 | 2012 (pp. 1–6). Retrieved from http://www.rankingthebrands.com/PDF/The Most Valuable Social Media Brands 2012, HWZ.pdf

Gichoya, D. (2005). Factors Affecting the Successful Implementation of ICT Projects in Government, 3(4), 175–184.

Hansen, D., Dunne, C., & Shneiderman, B. (2010). Analyzing Social Media Networks with NodeXL, (Figure 1), 2–3.

Heeks, R. (2001). Building e-Governance for Development: A Framework for National and Donor Action. i-Government Working Paper Series.

Heeks, R. (2003). Most eGovernment-for- Development Projects Fail: How Can Risks be Reduced? iGovernment Working Paper Series.

Jaeger, P. T., Bertot, J. C., & Shilton, K. (2012). Web 2.0 Technologies and Democratic Governance. (C. G. Reddick & S. K. Aikins, Eds.), 11–26. doi:10.1007/978-1-4614-1448-3

John Musser, Tim O’Reilly, O. R. T. (2006). Web 2.0 Principles and Best Practices. Retrieved from http://oreilly.com/catalog/web2report/chapter/web20_report_excerpt.pdf

Ryan, S. D., Magro, M. J., & Sharp, J. H. (2011). Exploring Educational and Cultural Adaptation through Social Networking Sites, 10, 1–16.

Sri, B., Mei, R., & Melissa, E. (n.d.). Investigating the potential of mobile phones for e-governance in Indonesia, 1–26.

The World Bank. (1991). Managing Development : The Governance Dimension. Washington.

United Nations Department of Economic and Social Affairs. (2012). E-Government Survey 2012. Retrieved from http://unpan1.un.org/intradoc/groups/public/documents/un/unpan048065.pdf

Zambrano, R., & Seward, R. K. (2013). FROM CONNECTIVITY TO SERVICE DELIVERY: Case studies in e-governance. New York. Retrieved from http://www.undpegov.org/

Published

2015-07-02

Issue

Section

Seminar Nasional Informatika 2008