APLIKASI PEMANTAUAN DISTRIBUSI KOLEKSI PADA PERPUSTAKAAN KOTA

Lily PUspa Dewi, Inggrid Felicia, Arlinah I. R Arlinah I. R

Abstract


Peningkatan minat baca merupakan salah satu tugas yang diemban oleh perpustakaan kota. Untuk membangkitkan semangat membaca dan menjadikan membaca sebagai budaya masyarakat, perpustakaan kota membina dan memfasilitasi sarana dan prasarana seperti Taman Bacaan (TBM), Perpustakaan Keliling dan Perpustakaan Sekolah. Pembinaan dilakukan dalam bentuk distribusi koleksi secara hibah dan peminjaman koleksi ke perpustakaan binaan serta pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam proses pembinaan tersebut, perpustakaan kota perlu melakukan koordinasi, pemantauan dan evaluasi  terhadap kegiatan dan pemanfaatan perpustakaan binaan. Untuk membantu peran perpustakaan kota tersebut, sebuah aplikasi sistem informasi diterapkan dalam kesehariannya.

Aplikasi dibuat berbasiskan web sebagai media komunikasi antara perpustakaan kota, perpustakaan binaan dan masyarakat.  Pada aplikasi tersebut ditampilkan laporan pemantauan kegiatan dalam bentuk tiga dimensi. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada staf perpustakaan kota, secara keseluruhan aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan perpustakaan. Tingkat kemudahan pemakaian aplikasi dinilai 50% baik. Responden menilai 83,3% fitur yang tersedia telah sesuai dengan kebutuhan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Basuki, Sulistyo, 1991, Pengantar ilmu perpustakaan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Dragan, 2007, Canvas 3D graph. Retrieved April 17, 2010, from http://dragan.yourtree.org/code/canvas-3d-graph

Gates, J.K., 1968, Introduction to librarianship, McGraw-Hill, New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.