SISTEM HUMIDIFIER DAN TEMPERATURIZER DIGUNAKAN DALAM PENYIRAMAN OTOMATIS TANAMAN

Nur Heri Cahyana, Hafsah Hafsah, Adhika Noorindra

Abstract


Kurang atau berlebihnya kelembaban dan suhu dapat menyebabkan tanaman rusak atau bahkan mati. Untuk
mengurangi faktor human error yang sering terjadi dalam menjaga kelembaban dan suhu tanaman agar tumbuh
sempurna diperlukan alat yang secara otomatis menjaga kelembaban dan suhu lingkungan disekitar area
tanam.
Metodologi pembangunan sistem menggunakan metode v sommerville. Sensor yang digunakan adalah sensor suhu Sensirion SHT-11. Relay yang digunakan adalah Relay Board DT I/O 1210 Delta-Electronic. Mikrokontroler yang digunakan adalah ATmega8535 16PU PDIP. Software Code Vision AVR versi 2.03.4 digunakan untuk kegiatan pemrograman (compile dan build) serta penginjeksian program ke mikrokontroler (via AVR ISP cable). Program yang digunakan berformat Bahasa C yang kemudian di terjemahkan ke bahasa assembler (format HEX dan ROM) dengan codevision. User-System Interface dibangun dengan Microsoft Visual Basic 6. Sistem bekerja secara mandiri tanpa intervensi atau input dari user. Input dari user hanya berupa kode program yang diinjeksikan ke mikrokontrol yang berguna untuk memprogram sistem, yakni untuk menentukan ambang batas derajat suhu (dalam celcius) dan kelembaban (dalam %) yang diinginkan. Bagian output sepenuhnya akan ditangani oleh mikrokontroler, yakni berupa otomasi on/off pompa air untuk melakukan aplikasi penyemprotan air via sprinkler yang bertujuan untuk menjaga kelembaban suhu lingkungan sekitar area tanam.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiharto, W dan Jefri, T, 2007, 12 Proyek Sistem Akuisisi Data, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Delta-Electronic, 2007, Aplikasi OP-01 sebagai Pengukur Kelembaban Relatif Dengan Sensor HS-15P. , (17 Maret 2007, accessed 4 Mei 2008).

Pambudi, A, 2006, Sistem Otomasi. , (15 April 2006, accessed 27 Mei 2008).

Prasetia, R. dan Widodo, C.E., 2007, Interfacing Port Parallel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sensirion, 2007, Data sheet humidity sensor SHT1x. , (accessed 2 September 2008).

Wicaksono, H, 2008, PC Interfacing , (17 Januari 2008, accessed 5 Maret2008).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.