PENGEMBANGAN LAYANAN AKADEMIK STIKOM UYELINDO KUPANG BERBASIS CLIENT MOBILE WEB SERVICE

Maria Roslin Apriani, Alb. Joko Santoso, Kusworo Anindito

Abstract


Bidang pendidikan merupakan salah satu dari sekian banyak bidang yang memanfaatkan teknologi informasi. Sebuah perguruan tinggi dituntut untuk dapat mengelola informasi akademiknya dengan baik, sehingga kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh setiap pihak yang berkepentingan dapat terpenuhi dengan baik, cepat, dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Dengan adanya kemajuan teknologi mobile yang berkembang pesat saat ini hal tersebut dapat terpenuhi. Seperti halnya teknologi mobile juga dapat diterapkan pada bidang akademik, misalnya dengan membuat aplikasi layanan yang memberikan informasi akademik kepada mahasiswa dengan kemudahan mengakses. Dukungan fasilitas web service dapat menjadi penghubung antara teknologi mobile yang akan mengakses data dengan database. Dengan demikian penulis berencana untuk menerapkan aplikasi layanan informasi akademik yang berbasis client mobile web service pada perguruan tinggi STIKOM UYELINDO Kupang. Diharapkan dengan adanya pembangun aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pengaksesan dan memenuhi kebutuhan dari user.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Lenggu, M.A.S., 2011. PENGEMBANGAN LAYANAN BROADCASTING INFORMASI BERBASIS SHORT MESSAGE SEVICE (SMS) PADA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Tesis. Yogyakarta.

Payong, Y., 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik

(Studi Kasus STIKOM Uyelindo Kupang). Tesis. Yogyakarta.

Riyanto, Suprapto & Indelarko, H., 2008. Pengembangan Aplikasi Manajemen Database dengan Java 2 (SE/ME/EE). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Shalahuddin, M. &.S, R.A., 2010. Java di Web. Bandung: Penerbit Informatika.

Syachbana, 2011. Sistem Informasi Akademik Berbasis Multimedia pada Lembaga Pendidikan Palembang Technology. Jurnal Teknologi dan Informatika.

Wibisono, G. & Hartono, G.D., 2008. Mobile Broadband Tren Teknologi Wireless saat ini dan masa datang. Bandung: Penerbit INFORMATIKA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.