RANCANGAN WEBSITE PENYEDIA INFORMASI POTENSI LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTI CRITERIA DECISION ANALYSIS DAN MAP ENGINE

Muhammad Ilyas Prakanada, Ema Utami, Armadyah Amborowati

Abstract


Salah satu upaya dalam meningkatkan kegiatan ekonomi di suatu wilayah adalah dengan cara membuka akses untuk menuju wilayah tersebut. Tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga non-fisik. Namun pertumbuhan local interest (potensi lokal), akan menyulitkan calon pengunjung dalam menentukan pilihan, terlebih bila calon pengunjung tersebut tidak memahami wilayah. Hingga saat ini, ada berbagai situs yang memiliki tema yang berkaitan dengan lokasi. beberapa situs memberikan fitur peta dan sistem rating. Namun, sistem rating ini tidak cukup memberikan informasi mengenai kualitas lokasi. Untuk itu, perlu dirancang sebuah rancangan situs penyedia informasi potensi lokasl yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan informasi dan fitur yang dihimpun langsung dari pengguna internet. Rancangan situs ini menawarkan fitur peta lokasi menggunakan Google Map API, dan sistem multicriteria rating yang dioleh dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang merupakan salah satu metode dalam Multi Criteria Decision Analysis (MCDA). Dengan adanya rancangan situs ini, manfaatnya diharapkan akan dapat dirasakan oleh banyak orang dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Belton, V. (2002). Multiple Criteria Decision Analysis: An Integrated Approach. Springer.

Gangurde, S. R., & Akarte, M. M. (2011). Ranking of Product Design Alternatives using Multi-criteria Decision. Tenth International Conference on Operations and Quantitative Management (ICOQM-10), 101-111.

Munandar, A. W. (2012). Sistem Informasi Manajemen Hutan Rakyat Dengan WebGIS (Kasus Sebaran dan Potensi Hutan Rakyat Kabupaten Gunung Kidul). Sistem Informasi Manajemen Hutan Rakyat Dengan WebGIS (Kasus Sebaran dan Potensi Hutan Rakyat Kabupaten Gunung Kidul). D. I. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Gajah Mada.

Sigit, S. (1999). Pengantar Metodologi Penelitian. Sosial-Bisnis-Manajemen. Yogyakarta: Lukman Offset.

Singh et al, S. P. (2011). A Geo¬Referenced Information System for Tourism (GeoRIST). International Journal of Geomatics and Geosciences Volume 2, No 2, , 456-464.

The Computer Language Company Inc. (2012). API Definition from PC Magazine Encyclopedia. Retrieved 12 19, 2012, from PC Magazine:

http://www.pcmag.com/encyclopedia_term/0,2542,t=application+programming+interface&i=37856,00.asp


Refbacks

  • There are currently no refbacks.