MODEL INTERAKSI DALAM E-LEARNING

Rahmi Eka Putri

Abstract


E-Learning atau electronic learning semakin dikenal sebagai salah satu media pembelajaran yang semakin banyak digunakan dalam dunia pendidikan saat ini. E-learning memanfaatkan teknologi informasi sebagai media komunikasi antara guru dengan siswanya. Interaksi yang terjadi pada model pembelajaran e-learning sangat berbeda dengan model pembelajaran konvensional, dimana interaksi secara tatap muka sangat jarang bahkan tidak pernah terjadi. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa seringkali dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini akan mengkaji interaksi yang terjadi antar agen dalam e-leraning, dalam hal ini adalah guru dan siswa serta membangun sebuah model interaksi dalam e-learning yang menilai interaksi dari dua hal yaitu usability dan sociability. Dengan memahami model interaksi antar agen dalam e-learning, diharapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan dapat lebih dioptimalkan, sehingga kendala jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang terjadinya transfer ilmu dan pengetahuan.


References


Kamarga, Hanny, 2002, Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan, Inti Media, Jakarta

Hartley, Darin E., 2001, Selling E-Learning, American Society for Training and Development

Preece, Jennifer, 2001, Sociability and usability in online communities: Determining and measuring success, Behavior and Information Technology Journal, University of Maryland Baltimore County, Baltimore

Purbo, Onno. W., Membangun E-Learning, Elex Media Komputindo, Jakarta

Rosenberg, M. J., 2001, E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age, McGraw-Hill, New York

Su, Bude., Bonk, Curtis J., Magjuka, Richard J., Liu, Xiaojing., Lee, Seung-hee, 2005, The Importance of Interaction in Web-Based Education : A Program-Level Case Study of Online MBA Courses, Journal of Interactive Online Learning

Valacich, George, Hoffer, 2001, Essentials of System Analysis and Design, Pretice Hall

Venkatraman, N. and J.C. Henderson, 1998, Real Strategies for Virtual Organizing, Sloan Management Review


Refbacks

  • There are currently no refbacks.