ANALISIS KRITERIA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BEASISWA BELAJAR BAGI GURU MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

Sunggito Oyama, Ernawati Ernawati, Paulus Mudjihartono

Abstract


Pemberian beasiswa belajar bagi guru selama ini sangat di perlukan manfaatnya bagi guru yang sedang menempuh sarjana S1. Banyak kriteria yang dijadikan perhitungan untuk mendapatkan skor pemohon. Proses seleksi yang dilakukan adalah  dengan  memilah-milah  berkas  yang  dikumpulkan  oleh pendaftar beasiswa sembari mengecek database terkait status  beasiswa  dari  yang  bersangkutan. Dengan  jumlah pendaftar yang cukup banyak maka proses  seleksi  tersebut  menyita  banyak  waktu  karyawan  dan hasilnyapun kurang  valid. Untuk itulah dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk memberi pertimbangan dalam  menyeleksi  beasiswa.  Pada awal data  akan  Dianalisis kriteria penentu yang memiliki faktor paling besar dan kemudian di buat suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa dengan  metode    Analytical  Hierarchy  Process. Sistem  pendukung   keputusan   ini   akan mengurutkan  prioritas  penerima  beasiswa  sesuai  dengan kriteria  yang  ditentukan pengambil  keputusan.  Pengambil keputusan dapat memberikan pandangan dan memasukkan penilaian berdasarkan pengalaman mereka. Dengan demikian, sistem pendukung keputusan ini mampu membantu pihak pengelola beasiswa untuk menentukan alternatif terbaik penerima beasiswa sesuai kondisi yang diharapkan. Hasil akhir di laporan dari pembuatan sistem pendukung keputusan ini adalah sebuah urutan prioritas pemberian beasiswa dari yang terbesar hingga yang terkecil.


References


Saaty, T.L., 1994, Fundamental Of Decision Making and Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process, University of Pittsburgh,RWS publication,

Saaty, T.L.1998. Multicriteria Decision Making : The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh, RWS Publication, Pittsburgh.

Subakti, Irfan, 2002, Sistem Pendukung Keputusan, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi, Istitut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

Turban, E. and Aronson, J.E., 2005, Decision Support Systems And Intelligent Systems. 5 th Edition,Canada, prentice-hall International, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.