PREDIKSI UMUR DINDING TAMBANG BERDASARKAN KEJADIAN LONGSORAN YANG PERNAH TERJADI DENGAN BANTUAN PROGRAM MICROSOFT ACCESS

Supandi Supandi

Abstract


Faktor kestabilan dinding tambang menjadi faktor penting untuk keberlangsungan kegiatan penambangan. Berbagai metode analisis sudah berkembang pesat akhir-akhir ini baik statistik analisis, kesetimbangan batas ataupun metode numerik. Penilaian resiko kestabilan lereng dengan menghitung faktor keamanan lereng menjadi sebuah kelaziman namun begitu ternyata masih banyak kejadian longsoran yang terjadi pada dinding tambang.

Penelitiaan ini lahir menyikapi banyaknya kejadian longsoran walapun secara matematis sudah memenuhi kriteria dimana nilai FoS sudah diatas 1 atau bahkan 1.2. Mendekati semua aspek kestabilan dinding dengan melakukan beberapa pengamatan terukur menjadi sebuah langkah positif sehingga pembelajaran dari alam tentang semua kejadian longsoran bisa menjadi cermin di masa mendatang. Pendokumentasian sebuah longsoran untuk dapat dipelajari menjadi hal penting sehingga dapat menjadi pembelajaran. Dengan database diharapkan dapat memberikan konsistensi dalam pengambilan data, pengolahan data, pendokumentasian data dan penyimpanan data yang efektif dan effisien.

Dengan variasi data yang ada dapat dijadikan bahan dalam membangun sebuah model informatif yang dikorelasikan dengan konsep stabilitas lereng yang ada dapat dijadikan parameter geoteknik untuk desain yang akan datang. Pemodelan menggunakan kestimbangan batas “Mohr Coulomb” sehingga hasil analisa seseuai dengan analisa stabilitas lereng menggunakan perengkat lunak dengan konsep yang sama. Hasil akhir yang diharapkan dengan sebuah model parameter geoteknik adalah dapat memberikan informasi yang kreatif dan informatif tentang kejadian longsoran tanpa menghilangkan substansi teknikal sehingga dari setiap kejadian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memutuskan suatu kondisi yang relatif sama dimasa mendatang.   


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dr.Erik Eberhardt, 2003 “Rock Slope Stability Analysis – Utilization of Advanced Numerical Techniques” , Geological Engineering UBC – Vancauver, Canada.

Hoek E, Carlos Carranza-Torres, Brent Corkum, 2002, Hoek-Brown Failure Criterion, Vancouver, Canada.

Hoek E & JW Bray, 1981. Rock Slope Engineering, Third Edition Institution of Mining and Metallurgy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.