PEMANFAATAN KRIPTOGRAFI DALAM MEWUJUDKAN KEAMANAN INFORMASI PADA e-VOTING DI INDONESIA

Esti Rahmawati Agustina, Agus Kurniati

Abstract


Sejumlah negara maju seperti Finlandia dan Lithuania serta negara berkembang Brasil dan India telah melangkah dengan memanfaatkan e-Voting (electronic voting) dengan tingkat dan kualitas pemanfaatan TIK yang berbeda-beda dalam kegiatan demokrasinya. e-Voting ternyata bisa dilakukan dan diterima hasilnya oleh rakyat dari negara dengan rata-rata tingkat pendidikan tinggi maupun rendah. Studi awal e-Voting dari Zamrud Technology yang telah diulas oleh majalah warta eGov edisi 4, April/Mei 2008 menunjukkan potensi penghematan anggaran Pemilu/Pilkada hingga mencapai Rp 11 Trilyun. Dalam beberapa tahun kedepan, melalui program USO (Universal Service Obligation) pemerintah akan menyediakan fasilitas akses komunikasi suara dan data hingga menjangkau seluruh desa di tanah air sehingga e-Voting semakin berpeluang untuk diterapkan. Tersedianya fasilitas akses data secara luas, selain membuka peluang positif atas terapan berbagai aplikasi dan layanan berbasis internet, juga menyisakan persoalan terkait dengan keamanan informasi yaitu keutuhan data (integrity), kerahasiaan informasi (confidentiality), dan ketersediaan informasi (availability). Kriptografi dapat dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan terkait dengan keamanan informasi berupa kerahasiaan, keutuhan data, nir penyangkalan, serta otentikasi. Dalam paper ini akan dijelaskan bagaimana pemanfaatan kriptografi dalam mewujudkan keamanan informasi pada e-Voting di Indonesia.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Stinson, Douglas. 1995. Cryptogaphy: Theory and Practise. CRC Press.

Stallings, William. 2005. Cryptography and Network Security Principles and Practise. Prentice Hall.

J.M., Alfred, Paul C. van Oorschot, and A.V., Scott. 1997. Handbook of Applied Cryptography. CRC Press.

Schneier, Bruce. 1996. Applied Cryptography, Second Edition: Protocols, Algorithms, and Source Code in C. John Wiley & Sons, Inc.

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Informatika: Bandung.

Azhari, Rakhmad. 2005. E-Voting. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Ferdinang Inoerawan, Abraham. 2009. Menilik Kriptografi dan Keamanan Informasi. Lembaga Sandi Negara

www.aitp.org, diakses tanggal 7 Mei 2009

http://sipemilu.org/ti-kpu/10-riset-e-voting/ diakses pada tanggal 8 Mei 2009

Krause, Micky & Tipton,Harold F.2002.Handbook of Information Management System, (on line) www.ccert.edu.cn/ diakses tanggal 7 November 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.