PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN DI INDOMARET UNIT PANJAITAN 2 PLAJU PALEMBANG

Authors

  • Wiwin Agustian Dosen Fakultas Ekonmi Universitas Bina Darma Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian di Indomaret unit panjaitan 2 plaju. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskiptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mengacu pada seluruh orang yang melakukan transaksi pembelian di indomaret unit panjaitan 2 plaju dengan sample berjumlah 99 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Berdsarakan daril Hasil dari pengolahan data pada  penelitian ini  diperoleh Y= 1,447 + 0,653X., Nilai koefisien korelasi sebesar 0,856 artinya nilai koefisien korelasi (r) menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut signifikan artinya persepsi konsumen dapat meningkatkan keputusan pembelian. . Hasil analisis uji t yang diperoleh adalah sebesar 16,338 sedangkan t tabel 1,661 karena t hitung lebih besar dari t tabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian. . Hasil analisis koefisien determinasi sebesar r square = 0,733 artinya nilai rata-rata pembelian sebesar 73,3% ditentukan oleh persepsi konsumen, sedangkan sisanya 26,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. 

Author Biography

Wiwin Agustian, Dosen Fakultas Ekonmi Universitas Bina Darma Palembang

Telematika

References

Ambriansyah. 2011. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Angel,James F dan Roger D Black Well. 2001. Perilaku Konsumen. Jilid I. Edisikeenam. Binapura Angkasa.

Arikunto, Suharmisi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ferrinadewi, Erma. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Indomaret, 2012. Indomaret targetkan 1000 gerai baru. (http://Indomaret.co.id diunduh tanggal 9 februari 2012).

Kotler, Philip dan gary Amstrong. 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler,Philips dan Lane Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Schiffman, Leon G, and Kanuk, LesLazar. 2000. Consumer Behavior. Prentice Hall International.

Umar, Husein. 2005. Z Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyu, Dewi, Urip. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat.

Published

2015-07-02

Issue

Section

Seminar Nasional Informatika 2008