SISTEM INFORMASI KRS PADA UNIVERSITAS ISLAM OKI KAYUAGUNG MENGGUNAKAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE (SOA)

Susan Dian Purnamasari, Muhammad Nasir, Irwan Syahputra

Abstract


Kegiatan yang paling menonjol pada suatu perguruan tinggi adalah pengolahan data, baik pengelolaan data administrasi mahasiswa sampai pengelolaan data akademisnya. Salah satu kegiatan untuk mendukung kegiatan pengolahan data akademis adalah pembuatan Kartu Rencana Studi (KRS). Pada Sistem Kartu Rencana Studi yang sedang berjalan saat ini pada Universitas Islam OKI (UNISKI)  masih merupakan kegiatan yang manual. Dengan adanya rancangan Sistem Informasi Kartu Rencana Studi dengan menggunakan metode Service Oriented Architeture (SOA) akan  mengintegrasikan proses bisnis dan mendukung infrastruktur IT yang aman,. Service didefinisikan sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis yang dikelompokkan ke dalam proses-proses bisnis yang ada. Dengan membangun aplikasi berbasis SOA, maka aplikasi tersebut akan lebih mudah untuk diintegrasikan dan dimodifikasi apabila terjadi perubahan karena setiap service yang ada sudah memiliki standar yang dapat direuse dan digunakan antar domain fungsi yang berbeda.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Erl. 2005. Di kutip dalam buku, Analisis dan Desain Berorientasi Services Untuk Aplikasi Manajemen Proyek. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Lucky. 2008. XML Web Service, Aplikasi Desktop, Internet & Handphone, Penerbit Jasakom, Jakarta Barat.

Sarno, Riyanto. 2012. Analisis dan Desain Berorientasi Services Untuk Aplikasi Manajemen Proyek, Penerbit Andi, Yogyakarta..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.