APLIKASI MOBILE GIS LAYANAN INFORMASI LOKASI PENTING KOTA SURAKARTA BERBASIS ANDROID

Juwairiah Juwairiah, Ial Irwan Arahman, Budi Santosa

Abstract


Meningkatnya mobilitas masyarakat terhadap kebutuhan teknologi informasi berbentuk peta kini menyebabkan banyak yang memanfaatkan teknologi nirkabel yang berbentuk Sistem Informasi Geografis Nirkabel (Wireless GIS) atau lebih populer dengan sebutan aplikasi Mobile GIS. Saat ini Mobile GIS bukan hanya trend semata melainkan kebutuhan manusia yang akan bepergian dan belum mengetahui informasi daerah tujuannya. Surakarta merupakan kota budaya yang terkenal dengan seni, batik, kuliner, dan lokasi penting lainnya dimana banyak turis manca negara maupun lokal yang berdatangan di kota budaya ini. Dalam penelitian ini dibangun sebuah Aplikasi Mobile GIS layanan informasi lokasi penting kota Surakarta berbasis Android untuk mempermudah dan mempercepat pencarian lokasi-lokasi penting di wilayah Surakarta. Aplikasi ini dibangun dengan metodologi penelitian berupa metode GRAPPLE. Fitur-fitur pada aplikasi ini yaitu dapat mengetahui daftar lokasi berdasarkan kategori, koordinat lokasi yang dituju, koordinat lokasi user, informasi (gambar, nama tempat, alamat, nomor telepon, web lokasi, deskripsi, jarak lokasi berdasarkan posisi user dengan lokasi yang dituju), dan petunjuk arah lokasi. Kategori lokasi penting pada sistem meliputi Swalayan, Hotel, Rumah Sakit, Masjid, Gereja, Kuliner, Stadion, SPBU, Pasar, Perguruan Tinggi, Toko Batik, Stasiun Kereta Api, Terminal Bus, Bandara, dan Lokasi Lain. Aplikasi ini dibangun menggunakan Google Map API utuk menampilkan peta, SDK Android, Eclipse sebagai editor, Java sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi client, PHP sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi server, MySQL sebagai database, dan ponsel android sebagai alat pendukung. Dengan adanya informasi ini diharapkan masyarakat pendatang maupun yang sedang berwisata di wilayah Surakarta dapat mengetahui lokasi penting yang berada di wilayah Surakarta langsung dari ponsel yang bersistem operasi android.

 


References


Anonim. (____). StarUML. Sourceforget web (Online).

http://staruml.sourceforge.net/en/. Diakses 22 Maret 2012.

Anonim. (2008). Latitude dan Longitude. Wordpress (Online).

http://bri4nmatic.wordpress.com/2008/06/16/latitude-dan-longitude/. Diakses 21 Maret 2012.

Anonim. (2009). Pengertian Singkat XML. Blogspot (Online).

http://agenilmu.blogspot.com/2009/04/pengertian-singkat-xml.html. Diakses 21 Maret 2012.

Anonim. (2012). Eclipse (perangkat lunak). Wikipedia Bahasa Indonesia (Online).

http://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_%28perangkat_lunak%29. Diakses 21 Maret 2012.

Anonim. (2012). Google Maps. Wikipedia Bahasa Indonesia (Online).

http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Maps. Diakses 21 Maret 2012.

Anonim. (2012). MySQL. Wikipedia Bahasa Indonesia (Online).

http://id.wikipedia.org/wiki/MySQL. Diakses 21 Maret 2012.

Barus, B dan Wiradisastra, U.S. (2000). Sistem Informasi Geografi; Sarana Manajemen Sumberdaya. Bogor: Laboraturium Pengindraan Jauh dan Kartografi Jurusan Tanah Fakultas Pertanian IPB.

Charibaldi, Novrido. (2010). Solusi Pemrograman Java (Dilengkapi Contoh Soal dan Penyelesaian). Yogyakarta: Pyramida.

Dulbahri. (1993). Sistem Informasi Geografi. Yogyakarta: PUSPICS-UGM BAKOSURTANAL.

Fathansyah. (2002). Basis Data. Bandung: Informatika.

Fowler, Martin. (2005). UML Distilled 3th Ed. Yogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul. (2002). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Lambert M. Surhone et al. (2009). Smartphone Android for Human Being. Betascript Publishing.

Nicolas Gramlich. (____). andbook : Android Programming.

http://andbook.anddev.org/. Download 21 Maret 2012.

Nugroho, Adi. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Nugroho, Bunafit. (2004). Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media.

Ratu, Nurah. (2004). PHP. Nurahratu web (Online).

http://nurahratu.com/tutorial/web-design/joomla/203-php-adalah.html. Diakses 21 Maret 2012.

Rikez. (2010). Apakah Smartphone itu. Tasikesme web (Online)

http://www.tasikisme.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3985:apakah-smartphone-itu&catid=43:mobile-tips&Itemid=70. Diakses 21 Maret 2012.

Riyanto. (2010). Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile. Yogyakarta: Gava Media.

Sayed Y. Hashimi and Satya Komatineni. (2009). Pro Android. Apress Inc.

Schmuller, Joseph. (1999). Teach Yourself UML in 24 Hours. Indianapolis: Sams Publishing.

Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor