PENGEMBANGAN ROUTING PROTOCOL UNTUK GATEWAY AD HOC WIRELESS NETWORKS

Nixson Jeheskial Meok, Achmad Affandi

Abstract


Jaringan ad hoc adalah kumpulan dari beberapa mobile host yang membentuk suatu jaringan yang bersifat sementara tanpa ada infastruktur dan administrasi terpusat dengan karakteristik topologi yang dinamis. Hal ini menimbulkan masalah dalam hal routing dimana konvensional routing tidak didesain untuk topologi yang dinamis.Protokol rute harus dapat meminimalkan kontrol trafik misalnya periodik update message. Selain itu protokol rute harus reaktif, dimana hanya akan mencari atau menentukan suatu rute ketika menerima request khusus. Penelitian-penelitian sebelumnya lebih menekankan pada single user dan satu base station, sedangkan dalam penilitian ini dikembangkan hubungan antara gateway dengan beberapa terminal multi user. Karena masalah yang sering ditemui dalam komunikasi wireless adalah bagaimana menemukan rute yang cocok untuk mengirimkan paket data ke tujuan yang diinginkan, maka pembangunan protokol rute pada terminal yang difungsikan sebagai ad hoc untuk multi user mengacu pada suatu algoritma routing protocol, yang dipakai untuk memodelkan routing untuk gateway. Hasil yang diperoleh ini dipakai sebagai pengembangan platform untuk sistem komunikasi yang lebih luas.


References


D.Johnson (1994), Routing in Ad Hoc Networks of Mobile Host, Proc. IEEE Workshop on Mobile Comp. System and Appls

M.Amitava dkk 2003, Location Management And Routing In Mobile wireless networks, Artech House, Boston & London

C.Y.L.William 1993, Mobile Communication Design Fundamental, John Wiley & Son, Inc. New York

T.Larson and Hedman N. 1998, Routing Protocols In Wireless Ad-Hoc Networks-In A Simulation Study, Master’s Thesis in Computer Science Engineering Stochoklm.

T.Ahmed 2005, Modeling and Simulation of a Routing Protocol for Ad Hoc Networks Combining Queuing Network Analysis and Ant Colony Algorithm, dissertation Ph.D., Universitat Duisburg-Essen (Campus Essen).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.