PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DATA BERBASIS VPN-IP MPLS UNTUK PEMILIHAN UMUM

Rijal Fadilah, Djumhadi Djumhadi

Abstract


Dalam setiap tahapan pemilihan umum baik untuk pemilihan anggota legislatif hingga pemilihan presiden berbagai proses harus ditempuh. Dimulai dari pendaftaran pemilih, pencalonan partai politik, pencalonan anggota DPR/DPRD, pencalonan DPD, kampanye, pemungutan suara, perhitungan suara hingga penetapan hasil Pemilu. Tentu saja yang sangat dinantikan adalah proses penghitungan suara. Tahapan ini menjadi tahapan yang menegangkan bagi setiap konsisten yang ikut berlaga di pemilihan umum. Sebagai suatu proses yang menegangkan dan dinantikan banyak pihak diperlukan keakuratan dan kecepatan dalam proses penghitungan tersebut dan tidak kalah pentingnya adalah hasil penghitungan suara dapat disampaikan ataupun dikirimkan dari masing-masing daerah ke pusat dengan aman, fleksibel dan mudah dipantau dari segi komunikasi datanya. Teknologi Virtual Private Network yaitu jaringan pribadi yang tidak bisa diakses oleh jaringan nonpribadi namun menggunakan medium nonpribadi semisal internet untuk menghubungkan antar masing-masing titik (remote site) secara aman. Dalam penggunaan teknologi Virtual Private Network perlu penerapan teknologi tertentu sehingga meskipun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site. IP-MPLS (Internet Protocol-Multi Protocol Label Switching) merupakan layanan komunikasi data dalam bentuk dedicated leased channel berbasis IP dengan keunggulan utama any to any connection yang dapat disesuaikan dengan jenis traffic yang dilewatkan. Dalam implementasinya VPN-IP MPLS dapat dikembangkan menjadi berbagai fitur antara lain : Intranet, Extranet, serta Remote Dial. Teknologi ini memiliki beberapa kentungan seperti : Multiservices Platform, Scalability, Manageabillity serta Cost Saving Opportunity.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


-------. “Bab VI Studi Literature.” http://js.unikom.ac.id/rb/bab6.html. Diakses tanggal 23 Maret 2009

-------. “Studi Lapangan.” http://www.infoskripsi.com/component/option,com_glossary/Itemid,62/...,Studilapangan/. Diakses tanggal 23 Maret 2009

Darmawan, Indra. 2009. Melongok Sistem TI Pemilu 2009. http://teknologi.vivanews.com/news/read/48053- melongok_sistem_ti_pemilu_2009. Diakes tanggal 20 April 2009.

DetikNet. 2009. Telkom Menang Tender Jaringan Pemilu 2009. http://fema.ipb.ac.id/bem/?p=211. Diakses tanggal 24 Maret 2009

Kana, Willem A. 2005. Keamanan dan Layanan VPN Dalam Arsitektur Jaringan MPLS. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Odom, Wendell. 2005. Computer Networking First-Step. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Stiawan, Deris. Membangun Interkoneksi VPN dengan solusi Hardware-Based dan Jaringan IIX. Jurusan Sistem Komputer, FASILKOM UNSRI.

SubDiv Corporate Customer Care. 2005. Pedoman Kegiatan Customer Handling di Lingkungan Unit Kerja Corporate Customer Care Center (C4). Jakarta: Divisi Enterprise Service PT. Telkom Indonesia.

Suratmo, Yayat. 2008. “Jadwal Tahapan Pemilu 2009.” http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=32301. Diakses tanggal 4 April 2009.

Tutang MM, Pranata Komputer Madya – LIPI. 2009. “Lambatnya server KPU.” http://teknologi.vivanews.com/news/read/48053 melongok_sistem_ti_pemilu_2009. Diakses tanggal 1 Mei 2009

Yusup, Pawit M. “Bab VI Studi Wawancara.” http://www.scribd.com/doc/6067744/Studi-Wawancara. Diakses tanggal 25 Maret 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.