PORTAL-PORTAL E-GOVERNMENT TERBAIK DI DUNIA

Ashari Sutrisno, Jazi Eko Istiyanto

Abstract


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2002 telah mengadakan survei dan kajian tentang pelaksanaan Electronic Government (e-government) di negara-negara anggota PBB, dengan nama The United Nations e-Government Survey. Sampai tahun 2008, sudah dilakukan empat edisi United Nations e-Government Survey. Survei ini menghadirkan kajian komparatif dari 192 negara anggota PBB, mengenai kualitas pelayanan dan produk pemerintah. Survei mengevaluasi aplikasi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) oleh pemerintah, termasuk akses dan penyampaian layanan ke penduduk, interaksi dengan penduduk, serta pemberdayaan penduduk lewat akses informasi. Survei terakhir, menempatkan penilaian tentang ‘take-up’ menjadi isu utama. Take-up dapat didefinisikan sebagai seberapa besar penduduk dapat mengakses layanan online (online service). Online service dapat melalui teknologi wireless dan/atau penyediaan portal yang dapat merespon kebutuhan penduduk yang begitu cepat, ataupun menyediakan satu pusat layanan (one-stop centre) yang mana penduduk dapat menerima asistensi untuk mengakses layanan online tanpa harus menguasai pengetahuan tentang ICT yang rumit. Hal ini membutuhkan ketersediaan portal yang terintegrasi yang memiliki operasi back office yang handal dan saling terhubung. Untuk memperoleh web measure index, survei mengkaji portal-portal atau situssitus resmi milik pemerintah di 192 negara anggota PBB. Makalah ini menyajikan tahapan-tahapan penilain portal e-government, dan menampilkan portal-portal dari negara yang memiliki portal e-government terbaik, serta aspek-aspek apa saja yang menyebabkan portal-portal tersebut menjadi portal e-government terbaik dan dapat dijadikan sebagai percontohan portal e-government bagi negara-negara lain.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Deloitte Research, 2000, At the Dawn of e-Government: The Citizen as Customer, www.deloitte.com, diakses tanggal 21 April 2009.

Kubicek H., Hagen M., 2000, One-Stop-Government in Europe: An Overview, Workshop on one-stopgovernment, Bremen, Sept. 30th – Oct. 2nd, 1999, http://www.fgtk.informatik.unibremen.de/cost, diakses tanggal 25 April 2009.

Ljiljana S., Andreas A., Nenad S., Rudi S., 2007, On Managing Changes in the ontology-based e-Government, FZI Research Centre for Information Technologies at the University of Karlsrushe, Institute AIFB, University of Karlsrushe, Karlsrushe, Germany.

OECD, 2005, E-government for Better Government, http://puck.sourceoecd.org/vl=16470954/, diakses tanggal 26 April 2009.

United Nations Department of Economic and Social Affairs (UNDESA), 2008, E-Government Readiness Knowledge Base, http://www.unpan.org/egovkb/, diakses tanggal 19 April 2009.

United Nations, 2008, E-Government Survey 2008: From e-Government to Connected Governance, Department of Economic and Social Affairs, Division for Public Administration and Development Management,

United Nations, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.