PENGUKURAN INDEX KONSISTENSI DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE AHP

Rose de Lima Endang Padmowati

Abstract


Metode Analytic Hierarchy Process(AHP) merupakan salah satu metode dalam proses pengambilan keputusan. Metode ini digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan terhadap beberapa alternatif pilihan. Proses pengambilan keputusan diawali dengan menetapkan faktor-faktor/kriteria yang mempengaruhi pengguna dalam mengambil keputusan. Pengguna memberikan prioritas terhadap sepasang kriteria (pairwise comparison). Jika setiap pasangan kriteria sudah ditetapkan skala prioritasnya, maka data prioritas tsb dimodelkan dalam sebuah matriks. Matriks akan menjalani proses normalisasi dengan menggunakan metode Eigenvector. Proses iterasi berlangsung, sampai dengan selisih nilai eigen antar hasil iterasi mencapai nilai relatif kecil (< 0.000010). Konsistensi pengguna metode AHP harus tetap terjaga agar solusi yang dihasilkan optimal. Untuk mengetahui tingkat konsistensi tsb, hasil penggunaan metode AHP akan diukur besarnya indeks konsistensi (Consistency Index). Jika rasio dengan standar Indeks Random <= 0.10 maka disimpulkan bahwa derajat konsistensinya memuaskan, artinya metode AHP menghasilkan solusi optimal. Namun jika > 0.10 maka terdapat ketidakkonsistenan dalam menentukan perbandingan yang memungkinkan metode AHP tidak menghasilkan solusi yang berarti.


References


Lydia Chritin, Rosa de Lima, Riskadewi, 2007, SPK Pemilihan tetelpon Selular bertipe GSM dengan Metode SECC dan AHP, Ilmu Komputer FMIPA, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Kardi Teknomo, 2006, Analytic Hierarchy Process(AHP) Tutorial, http://people.revoledu.com/kardi/ tutorial/AHP/index.html (April 2007)

Saaty TL, 1980, The Analytic Hierarchy Process, NY, McGraw Hill

Turban, Efraim, 2000, Decision Support System and Intelligent System, Seventh ed., Pearson Education Incorporation


Refbacks

  • There are currently no refbacks.