ANALISIS KEBUTUHAN INFORMASI PT. ADHI JAYA PERKASA STUDI KASUS : PEMBELIAN DAN UTANG USAHA

Suparto Darudiato

Abstract


Proses pembelian disini dibagi menjadi dua kategori yaitu pembelian tunai yang terkait dengan pengeluaran kas dan pembelian kredit yang terkait dengan utang usaha. Sistem pencatatan utang yang baik dapat membantu perusahaan untuk dapat mengelola utang yang dimilikinya. Di dalamnya meliputi berbagai hal mulai dari bagaimana memonitor term of payment, cara pembayaran, kapan utang harus dibayar, sampai tahap menyiapkan laporan utang dan pembayaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan melakukan survei langsung ke perusahaan, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil observasi dari perusahaan kemudian akan dibandingkan dengan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan solusi dari masalah yang ada pada perusahaan. Dengan melakukan analisis kebutuhan diharapkan perusahaan sadar akan permasalahan yang ada sehingga perusahaan mempu melakukan suatu tindakan dengan cara memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melaksanakan setiap aktivitas pembelian barang, serta pengelolaan utang usaha yang dimiliki secara lebih maksimal. Selain itu juga dapat menyediakan laporan-laporan yang dibutuhkan manajemen untuk mendukung dalam pengambilan keputusan dan pembuatan perencanaan bagi perusahaan. Semua ini secara tidak langsung mendukung usaha perusahaan dalam upayanya untuk memiliki daya saing yang lebih kompetitif.


References


Romney, Marshall.B., Steinbart, Paul J. (2006). Accounting Information Systems, Tenth edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Wilkinson, J.W., Cerullo, M.J., Raval, V., Wong-On-Wing, B. (2000). Accounting information system: Essential concepts and applications, Fourth edition. John Wiley and sons, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.