PERANCANGAN VISUALISASI KERIS 3D DENGAN LAYANAN AUGMENTED REALITY CLOUD-RECOGNITION

Argo Wibowo, Theresia Devi Indriasari, Kusworo Anindito

Abstract


Salah satu obyek budaya tradisional yang populer adalah keris. Senjata tradisional ini memiliki bentuk yang indah. Pengetahuan masyarakat mengenai keris semakin berkurang, hal ini karena media yang digunakan untuk memperkenalkan keris yang kurang menarik dan sulit diperoleh. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media baru untuk memperkenalkan keris kepada masyarakat luas. Pengguna dapat dengan mudah memindai ponsel mereka pada media yang disediakan dan memperoleh data tentang keris. Obyek keris akan dibuat virtual sehingga dapat dikenal dengan cukup menarik oleh masyarakat. Obyek keris akan dimodelkan secara 3 dimensi, lalu digabungkan dengan pola penanda. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality maka diharapkan dapat menggabungkan obyek keris secara virtual dengan pola penanda pada media promosi. Pembuatan Augmented Reality obyek keris ini memanfaatkan fitur-fitur dari layanan Vuforia, AutoCad123D, dan Unity Game Designer. Vuforia menyediakan fitur pengenalan pola Augmented Reality secara remote. Autocad123D menyediakan layanan pemodelan 3D dengan baik. Unity game designer menyediakan layanan untuk menggabungkan kedua layanan Vuforia dan Autocad123D. Dengan menggunakan layanan tersebut maka akan didapatkan aplikasi yang cukup ringan, mengurangi beban komputasi pada client, menjadi lebih ramah memori, dan kemudahan dalam memperbarui aplikasi di pihak client.


References


Rao, D.V., Patil, S. & Anne, N., 2006, Implementation and Evaluation of Image Processing Algorithms on Reconfigurable Architecture using C-based Hardware Descriptive Languages, International Journal of Theoretical and Applied Computer Sciences, pp.Volume 1 Number 1 (2006) pp. 9–34.

Santoso, M. & Gook, L.B., 2012, ARkanoid: Development of 3D Game and Handheld Augmented Reality, Visual Content Department, Dongseo University, South Korea.

Sudrajat, U., 2008, Ngadeni “Empu” Keris dari Gunung Kidul, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Verbelen, T. et al., 2011, Dynamic deployment and quality adaptation for mobile augmented reality applications, The Journal of Systems and Software 84 (2011), pp.1871–82.

Vlada, M. & Albeanu, G., 2010, The Potential of Collaborative Augmented Reality in Education, University of Bucharest, Romania.

Yuen, S.C.-Y., Yaoyuneyong, G. & Johnson, E., 2011, Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education, Journal of Educational Technology Development and Exchange, pp.4(1), 119-140.

https://developer.vuforia.com/resources/dev-guide/getting-started diakses tanggal 15 Februari 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.