ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REGISTRASI DAN KEANGGOTAAN KLUB

Henny Hendarti, Karim Haryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem registrasi dan kemudian merancang sistem registrasi dan keanggotaan pada Klub sehingga mempermudah pengelolaan data dan memperoleh informasi secara cepat yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas pada Klub. Metodologi yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis terdiri dari studi kepustakaan yang merupakan penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data secara teoritis yang berhubungan dengan masalah yang menjadi objek penelitian dan diperoleh dari literatur-literatur serta buku-buku dari perpustakaan yang digunakan sebagai landasan teori, survey atas sistem yang sedang berjalan merupakan penelitian langsung pada Klub, dan studi lapangan yang dilakukan dengan 2 cara yaitu pengamatan dan wawancara. Metode perancangan yaitu menggunakan pendekatan Object Oriented Analysis System (OOAD) dengan menggunakan notasi United Modeling Language (UML). Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi yang dapat membantu perusahaan dalam proses registrasi dan penyimpanan data keanggotaan. Simpulan yang diperoleh dengan adanya sistem informasi registrasi dan keanggotaan ini adalah dapat meningkatkan dan memberikan pelayanan dengan cepat kepada pelanggan dan mengurangi kesalahan yang akan terjadi, dan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan.


References


Bodnar, George. H & Hopwood, William S. (2002). Sistem Informasi Akuntansi, edisi ke-8, jilid-1. Terjemahan Jusuf, Amir Abadi. Salemba Empat, Jakarta.

Britton, Carol & Jill Doake (2001). Object-Oriented Systems Development : A Gentle Introduction. Mc Graw- Hill. Companies, Inc., Singapore.

Connolly, Thomas & Begg, Carolyne (2005). Data base Systems: A Practical Approach To Design Implementation and Management. Edison, Wheastly, United Kingdom.

Departemen Pendidikan Nasional (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3, Balai Pustaka, Jakarta.

Hall, James A. (2001). Accounting Information System, Third Edition. South Western College Publishing.

Jones, Frederick L. & Rama, Darasatha V. (2006). Accounting Information System : A Business Process Approach. Thompson Southwestern, Canada.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2006. Principles Of Marketing, 11th Edition. Prentice Hall.

Larman, Craig. 2005. Applying UML and Patterns : An Introduction to Object Oriented Analysis and Design, 3th Edition. Prentice Hall.

Mathiassen, L., Madsen, Nielsen, dan Stage. (2000). Object Oriented Analysis & Design. First Edition. Marko Publishing ApS, Aalborg, Denmark.

Mcleod Raymond Jr. (2001). Sistem Informasi Manajemen, edisi ke-7 terjemahan Teguh, PT. Prehallindo,Jakarta.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi, edisi ke-3, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

O’Brien, James. (2005). Introduction to Information System : Essential for The Internet Worked E-business Enterprise, 11th edition. McGraw Hill.

Romney, Marshall B., Steinbart, Paul John. (2006). Accounting Information System, 10th edition. Prentice Hall, Inc., USA.

Whitten, Jeffery L. Bentley, Lonnie D. Dittman, Kevin C. (2004). Systems Analysis and Design Methods, 6th edition. McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.